DESAIN DAN IMPLEMENTASI ANTARMUKA PENGGUNA APLIKASI MYITS CONNECT BERBASIS REALITAS X

Wibisono, Rizky Andre (2021) DESAIN DAN IMPLEMENTASI ANTARMUKA PENGGUNA APLIKASI MYITS CONNECT BERBASIS REALITAS X. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111740000183-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05111740000183-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perangkat keras yang memungkinkan penggunaan aplikasi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) kini tersedia secara luas bagi konsumen. Perangkat ini menawarkan platform komputasi yang imersif dengan peluang dan tantangan baru. Berbagai penelitian dan praktik telah menunjukkan manfaat potensial penggunaan perangkat tersebut di berbagai bidang dari industri manufaktur dan perawatan kesehatan hingga pendidikan dan ritel. Pada umumnya, aplikasi VR dan AR yang terangkum dalam sebuah payung baru bernama Realitas X atau Extended Reality (XR) ini beredar sebagai bentuk hiburan, permainan, edukasi, atau penelitian. Namun, dewasa ini aplikasi XR mulai muncul dengan kebermanfaatannya dalam hal produktivitas, komunitas, atau sosial.
Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian untuk merancang, mengimplementasi, serta mengembangkan aplikasi berbasis Realitas X (XR) pada perangkat Virtual Reality (VR) dari aplikasi yang umum ada pada perangkat dengan layar 2D. Dalam kasus ini penulis menggunakan aplikasi berbasis web responsif berupa myITS Connect sebagai objek penelitian, yang bukan merupakan aplikasi permainan, hiburan, maupun edukasi.
Perancangan antarmuka aplikasi myITS Connect berbasis Realitas X dilakukan dengan menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) yang lebih berfokus kepada User. Metode ini dimulai dari perencanaan, menganalisa dan memahami kebutuhan pengguna, membuat rancangan, mengimplementasi, melakukan pengujian, hingga deployment dan maintenance. Hal ini bertujuan untuk dapat menghasilkan aplikasi dengan kualitas tinggi yang sesuai dengan ekspektasi para pengguna. Dalam pengujian dan evaluasi aplikasi yang dibuat, penulis menggunakan metode Usability Evaluation dan Heuristic Evaluation.
Di akhir dari Tugas Akhir ini juga diharapkan dapat menghasilkan alternatif aplikasi myITS Connect berbasis Realitas X (yang selanjutnya juga akan disebut sebagai myITS Connect X) untuk perangkat Virtual Reality (VR) ang interaktif dan memenuhi kebutuhan pengguna serta mampu memudahkan pengguna dalam menggunakan myITS Connect pada perangkat Virtual Reality.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: myITS Connect, WebXR, Virtual Reality, Usability, Heuristic
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QA Mathematics > QA76.754 Software architecture. Computer software
Q Science > QA Mathematics > QA76.9.U83 Graphical user interfaces. User interfaces (Computer systems)--Design.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rizky Andre Wibisono
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:15
Last Modified: 13 Aug 2021 04:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/86014

Actions (login required)

View Item View Item