Pratama, Annisa Rizki (2021) Klasterisasi Organisasi Untuk Menentukan Strategi Peningkatan Orientasi Proses Bisnis. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
| 
              
Text
 05211740000128-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2023. Download (1MB) | Request a copy  | 
          
Abstract
Latar belakang: Ketatnya persaingan dunia bisnis saat ini 
menuntut organisasi untuk meningkatkan kinerjanya agar tetap 
bisa bersaing dan bertahan. Orientasi proses bisnis merupakan 
salah satu cara untuk meningkatkan kinerja melalui 
pendekataan proses yang selaras dengan menggabungkan 
keahlian dari masing – masing fungsi untuk memenuhi 
kebutuhan pelanggan. Orientasi proses bisnis erat kaitannya 
dengan teknologi informasi karena teknologi informasi 
merupakan salah satu elemen dari orientasi proses bisnis.
Permasalahan: Permasalahan saat ini banyak organisasi di
Indonesia yang memakai teknologi informasi, tetapi masih 
sedikit yang mengetahui ataupun menerapkan orientasi proses 
bisnis. Selain itu, Penelitian yang membahas orientasi proses 
bisnis itu sendiri masih kurang di Indonesia. Adapun penelitian 
orientasi proses bisnis yang pernah dilakukan menunjukkan
hasil yang bervariasi atau tidak multidimensional dari segi 
skala organisasi (kecil, menengah, dan besar) dan tipe 
organisasi sehingga belum mampu mengelompokkan dan 
menganalisa karakter orientasi proses bisnis pada organisasi
dengan tingkat kematangan yang sama.
Tujuan: Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis 
pengelompokkan hasil. Pengelompokkan hasil dilakukan 
dengan menggunakan metode klaster dengan algoritma k�means. Sub topik ini bertujuan untuk yaitu menganalisis 
karakteristik orientasi proses bisnis pada perusahaan di 
xii
Indonesia berdasarkan hasil klaster. Klasterisasi ini bertujuan 
untuk mengelompokkan organisasi yang memiliki kemiripan. 
Kemiripan ini nantinya akan dianalisa sebagai karakteristik 
dari klaster tersebut, sehingga dapat dijadikan bahan untuk 
memberikan rekomendasi agar perusahaan lebih berorientasi 
proses.
Metode: Untuk mendapatkan klaster orientasi proses bisnis 
perusahaan di Indonesia, dibutuhkan data. Data pada klaster 
didapatkan dengan menyebarkan survey secara online melalui 
media sosial Linkedin dengan pertimbangan pandemi covid-19. 
Survei berisi pertanyaan-pertanyaan yang mengacu pada 9 
area orientasi proses bisnis Skrinjar dan Trkman. Organisasi 
akan menjawab pertanyaan survey yang diisi oleh berbagai 
tingkat jabatan, setelah itu akan dilakukan perhitungan nilai 
orientasi proses bisnis dan kinerjanya. Data yang sudah 
dihitung akan divisualisasikan terlebih dahulu menggunakan 
dashboard. Selanjutnya adalah membuat dataset dengan 
menyaring jabatan untuk level manajer sebagai perwakilan 1 
organisasi. Setelah dataset terbentuk baru dilakukan 
klasterisasi menggunakan algoritma k-means.
Hasil: Penelitian ini menghasilkan rekomendasi klaster 
berdasarkan karakteristik yang didapatkan dari analisis 
kemiripan di klaster tersebut. Berdasarkan hasil dari 
karakteristik klaster, rekomendasi yang sesuai diberikan untuk 
meningkatkan strategi organisasi dalam berorientasi proses. 
Hasil menunjukkan bahwa terdapat 4 klaster yang terbentuk 
dengan rekomendasi organisasi perlu mendefinisikan peran 
pemilik proses serta mengukur kinerja proses. Organisasi dapat 
menggunakan metode referensi standar untuk proses bisnis dan 
menggunakan tools untuk memodelkan proses bisnis. Proses 
bisnis yang telah didefinisikan perlu dikontrol kualitasnya 
sehingga dapat dilakukan evaluasi sebagai perbaikan. Proses 
bisnis organisasi dapat diintegrasi menggunakan teknologi 
seperti PAISs atau BPMSs.
==================================================================================================
Background: The tight competition in the business world 
today requires organizations to improve their performance in 
order to remain competitive and survive. Business process 
orientation is one way to improve performance through a 
process approach that is aligned by combining the expertise of 
each function to meet customer needs. Business process 
orientation is closely related to information technology 
because information technology is one element of business 
process orientation .
Problem: Currently, many organizations in Indonesia use 
information technology, but few know or apply business 
process orientation. In addition, research that discusses 
business process orientation itself is still lacking in Indonesia. 
The business process orientation research that has been 
carried out shows results that are varied or not 
multidimensional in terms of organizational scale (small, 
medium, and large) and type of organization so that they have 
not been able to classify and analyze the character of business 
process orientation in organizations with the same maturity 
level .
Purpose: This study has a purpose to analyze the grouping of 
results. The grouping of results is done by using the cluster 
method with the k-means algorithm. This sub topic aims to 
analyze the characteristics of business process orientation in 
companies in Indonesia based on cluster results. This 
xv
clustering aims to group organizations that have similarities. 
This similarity will later be analyzed as a characteristic of the 
cluster, so that it can be used as material to provide 
recommendations so that the company is more process�oriented .
Methods: To obtain a cluster of business process orientation 
of companies in Indonesia, data is needed. The data on the 
cluster was obtained by distributing online surveys through 
LinkedIn social media with the consideration of the covid-19 
pandemic. The survey contains questions that refer to 9 areas 
of Skrinjar and Trkman business process orientation. The 
organization will answer survey questions filled out by various 
levels of position, after which the value of business process 
orientation and performance will be calculated. The 
calculated data will be visualized first using the dashboard. 
Next is to create a dataset by filtering positions for manager 
level as representatives of 1 organization. After the dataset is 
formed, it is clustered using the k-means algorithm .
Results: This study produces cluster recommendations based 
on the characteristics obtained from the similarity analysis in 
the cluster. Based on the results of the cluster characteristics, 
appropriate recommendations will be given to improve the 
organizational strategy in a process-oriented manner. The 
results show that there are 4 clusters formed with 
recommendations that organizations need to define the role of 
process owners and measure process performance. 
Organizations can use standard reference methods for 
business processes and use tools to model business processes. 
The defined business processes need quality control to be 
evaluated as improvements. An organization's business 
processes can be integrated using technologies such as PAISs 
or BPMSs.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Orientasi Proses Bisnis, Proses, Clustering, Karakteristik, Rekomendasi, Business Process Orientation, Process, Characteristics, Recommendation | 
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency | 
| Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis | 
| Depositing User: | Pratama Annisa Rizki | 
| Date Deposited: | 19 Aug 2021 06:34 | 
| Last Modified: | 19 Aug 2021 06:34 | 
| URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/87302 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
