Perancangan Animasi Sejarah Perang Dunia 2 Sebagai Media Edukasi Populer Melalui Platform Youtube

Susanto, Ilham Priyo (2021) Perancangan Animasi Sejarah Perang Dunia 2 Sebagai Media Edukasi Populer Melalui Platform Youtube. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311640000071_Undergraduated_Thesis.pdf] Text
08311640000071_Undergraduated_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (22MB) | Request a copy

Abstract

Perang Dunia Kedua merupakan salah satu peristiwa bersejarah yang paling penting dan merupakan peperangan terbesar yang pernah terjadi sepanjang sejarah manusia. Dengan jumlah korban yang melebihi 50 juta jiwa dan kerugian material yang tidak terhitung jumlahnya. Dengan dampak yang begitu besar, generasi penerus seharusnya mempelajari sejarah tersebut sehingga tidak terulang kembali. Namun dalam kenyataannya data-data, dokumentasi, dan media adaptasi yang tersebar di berbagai situs di internet berbentuk seperti potongan-potongan yang tidak tertata dan tersebar sehingga untuk memahami Perang Dunia 2 secara keseluruhan diperlukan usaha lebih untuk menyusun sebaran tersebut. Berdasarkan fenomena tersebut, diputuskanlah untuk mengadaptasi Perang Dunia 2 menjadi sebuah media animasi yang Ringkas, Informatif, dan Edukatif yang dipublikasikan menggunakan platform Youtube.

Dalam melaksanakan perancangan ini digunakan berbagai metode dengan urutan sebagai berikut. Yang pertama merupakan perumusan konsep utama perancangan yang terdiri dari Latar belakang, Identifikasi Masalah, Rumusan Masalah, Batasan, Tujuan, dan Tinjauan Pustaka. Yang kemudian dilanjutkan dengan tahap Eksekusi yang terdiri dari penyusunan Konsep Utama Animasi, penyusunan Materi Animasi, Produksi Animasi, dan produksi Media pendukung. Lalu, hasil dari eksekusi tersebut dilakukan Post-Test yang terdiri dari Publikasi, Pengumpulan Data, Review, dan Evaluasi.

Dari perancangan ini dihasilkan sebuah animasi yang mengadaptasi kronologis Perang Dunia 2 yang edukatif, ringkas, dan informatif. Selain itu dihasilkan juga media pendukung publikasi berupa branding kanal Youtube, strategi promosi, strategi publikasi, dan banyak lainnya. Dengan mengunggahnya pada platform Youtube dapat mempermudah akses pembelajaran kronologis perang Dunia 2 bagi masyarakat umum, sekaligus ikut berkontribusi dalam membangun lingkungan yang edukatif di Youtube. Dan yang terakhir animasi juga dapat menjadi alternatif pembelajaran bagi para siswa yang sedang mempelajari Perang Dunia 2 di seluruh dunia.
================================================================================================
The Second World War is one of the most important historical events and the greatest war ever to take place in human history. With more than 50 million causalities and countless material losses. With such impact, future generations should learn so that it does not happen again. However, the data, documentation, and adaptation media are scattered on various sites on the internet are all disorganized and scattered so that to understand World War 2 as a whole it is quite necessary to put more effort into compiling these parts. Based on this phenomenon, it was decided to adapt World War 2 into an Educational, Simple, and Informative animation which published using the Youtube as a platform.

To meet the expected results, various methods are used in the process. The first one was defining the main concept, which consist of background, problem identification, problem formulation, limitations, objectives, and literature review. Which is followed by the Execution stage which consists of constructing the main concept of animation, the preparation of animation material, animation productions, and supporting media production. Which then, the results were carried out onto Post Test stage consisting of Publication, Data Collection, Review, and Evaluation.

The final result would be an animation that adapts the chronology of Second World War, which is Educational, Simple, and Informative. In addition, supporting media are also produced in the form of Youtube channel branding, promotional strategies, and many others. By uploading it onto Youtube, it could ease the access onto Second World War education learning for the general public, as well as contribute on building an educational environment on Youtube. And finally, animation can also be an alternative media for students who are studying Second World War all around the world.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perang Dunia 2, Animasi, Second World War, Animation, Youtube
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D731 World War II
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
T Technology > TR Photography > TR897.7 Computer animation
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ilham Priyo Susanto
Date Deposited: 30 Aug 2021 09:24
Last Modified: 30 Aug 2021 09:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/87828

Actions (login required)

View Item View Item