Pemodelan Interaktif Furnitur 3 Dimensi Dengan Bentuk Bebas Dari Citra Tunggal

Priyono, Agus (2021) Pemodelan Interaktif Furnitur 3 Dimensi Dengan Bentuk Bebas Dari Citra Tunggal. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111850010012-Master_Thesis.pdf] Text
05111850010012-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemodelan objek tiga dimensi merupakan proses yang cukup detail dan membutuhkan waktu lama. Proses ini merupakan salah satu proses awal yang seringkali dilakukan dalam pembuatan film animasi maupun game. Karena pentingnya tahap ini, peneliti di bidang komputer grafik menjadikan pemodelan tiga dimensi sebagai topik penelitian. Salah satu tujuannya adalah untuk membuat proses pemodelan menjadi lebih efisien dalam waktu pengerjaan, serta lebih baik dari segi output yang dihasilkan. Salah satu sub topik yang beberapa kali diteliti adalah memodelkan bentuk tiga dimensi dengan bantuan sebuah gambar. Citra tunggal tersebut yang akan dijadikan acuan bagaimana objek tiga dimensi tersebut dihasilkan. Salah satu penelitian tentang topik tersebut adalah memodelkan furnitur tiga dimensi dengan citra tunggal. Namun penelitian tersebut masih memiliki kekurangan yaitu hanya mampu memodelkan objek dengan bentuk dasar kotak. Berangkat dari kekurangan tersebut, penelitian ini akan membuat sebuah pendekatan baru untuk memodelkan furnitur dari citra tunggal dengan bentuk yang tidak hanya kotak.
Pendekatan ini merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya. Tahapan pendekatan yang dilakukan adalah Inisialisasi objek tiga dimensi furnitur, pelabelan bagian-bagian dari furnitur, menentukan fungsi setiap label, pengaturan bagian dalam furnitur, dan penataan tekstur. Pengembangan yang dilakukan adalah pada tahapan inisialisasi objek dan pelabelan. Pada inisialisasi objek, pengguna melakukan klik pada tiap bagian yang memiliki sudut di bagian depan furnitur, lalu melakukan drag ke bagian belakang furnitur untuk menentukan kedalaman. Dari proses ini objek tiga dimensi akan terekstrak. Pada tahapan pelabelan, pengguna dapat melakukan klik pada titik sudut pembentuk setiap bagian dari furnitur. Dengan cara ini, maka pelabelan tidak hanya bisa dilakukan pada bentuk dasar kotak.
Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi yang menerapkan pendekatan baru dalam pembuatan model tiga dimensi dengan input citra tunggal. Pembatasan input gambar harus berbasis kotak pada penelitian sebelumnya telah berhasil ditutupi dengan modifikasi pada pendekatan. Pada contoh beberapa inputan gambar dengan bentuk tidak berbasis kotak, aplikasi mampu untuk memproses dengan baik. Proses tersebut terjadi pada tahap inisialisasi dan pelabelan sehingga dapat membentuk objek tiga dimensi furnitur yang lebih dinamis.
==================================================================================================
3D modelling of objects is a fairly detailed process, thus it takes a long time. This process is one of the initial processes often done in making animated films and games. Because of the importance of this stage, researchers in the field of computer graphics make 3D modelling a research topic. One of the goals is to make the modelling process more efficient in working time, and better in terms of the output produced. One sub-topic that has been studied several times is modelling 3D shapes with the help of an image. This single image will be used as a reference for how the 3D object is generated. One of the researches on this topic is modelling 3D furniture with a single image. However, this research still has a disadvantage that is only able to model objects with the basic shape of the box. Departing from these shortcomings, this research will create a new approach to modelling furniture from a single image with a shape that is not just a box.
This approach is a development from previous research. Stages of the approach taken are the initialization of 3D furniture objects, labeling the parts of furniture, determining the function of each label, setting the interior of the furniture, and structuring the texture. The development carried out is at the stage of object initialization and labeling. In object initialization, the user clicks on each part that has an angle on the front of the furniture, then clicks on a corner at the back of the furniture. From this process a 3D object will be extracted. At the labeling stage, users can click on the corner points forming each part of the furniture. In this way, labeling can not only be done on the basic shape of the box.
This research produces an application that applies a new approach in making three-dimensional models with a single image input. The limitation of image input having to be box-based in previous studies has been successfully covered by modifications to the approach. In the example of some input images with non-box-based shapes, the application is able to process well. This process occurs at the initialization and labeling stages so as to form a more dynamic 3D furniture object.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: interactive modelling, 3D model, furniture, reconstruction, computer graphic, pemodelan interaktif, model 3D, furnitur, rekonstruksi, grafika komputer
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.754 Software architecture. Computer software
Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Agus Priyono
Date Deposited: 20 Aug 2021 01:54
Last Modified: 20 Aug 2021 01:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/87938

Actions (login required)

View Item View Item