Analisis Pola Sebaran Sedimen untuk Pemeliharaan Jalur Pelayaran Menggunakan Pemodelan Hidrodinamika 3D (Studi Kasus: Perairan Pelabuhan PT Petrokimia Gresik)

Rohman, Yoga Arif (2021) Analisis Pola Sebaran Sedimen untuk Pemeliharaan Jalur Pelayaran Menggunakan Pemodelan Hidrodinamika 3D (Studi Kasus: Perairan Pelabuhan PT Petrokimia Gresik). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
03311740000016-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PT Petrokimia Gresik memiliki fasilitas penunjang produktivitas berupa pelabuhan terminal untuk kepentingan sendiri. Pelabuhan tersebut diharapkan selalu dalam keadaan yang baik dan selalu aman untuk digunakan lalu lintas pelayaran kapal-kapal yang melewati. Namun, kinerja pelabuhan sangat tergantung dari kedalaman alur pelayaran dan kolam labuhnya. Salah satu dari penyebab terjadinya pendangkalan pada pelabuhan adalah adanya sedimentasi yang terjadi secara terus-menerus dan pengendapan di suatu lokasi. Pada saat terjadi surut material akan terkikis, sedangkan pada saat pasang akan terbawa material yang mengendap. Lokasi pelabuhan yang berada di selat dan muara sungai yang mengakibatkan kondisi topografi dengan elevasi yang rendah pada pesisir pantai dan pelabuhan yang dikhawatirkan mempengaruhi kegiatan bersandar kapal. Salah satu langkah yang digunakan untuk mengatasi pendangkalan yaitu dengan dilakukan proses pengerukan terhadap sedimen yang mengendap di daerah tersebut. Oleh sebab itu, agar proses pengerukan berjalan efektif diperlukan pengetahuan tentang hidrodinamika air laut dan transpor sedimen di daerah perairan tersebut. Simulasi model numerik dapat digunakan menjadi cara yang efisien dan ekonomis. Pada penelitian ini akan dilakukan pemodelan hidrodinamika secara numerik dengan menunjukkan gambaran tentang pola arus laut dan penyebaran sedimentasi di Perairan Pelabuhan PT Petrokimia Gresik dengan menggunakan perangkat lunak pemodelan hidrodinamika 3D. Berdasarkan hasil pemodelan dihasilkan kecepatan arus terbesar berarah menuju Laut Jawa dengan kecepatan arus antara 0,000 m/s – 0,560 m/s serta mengalami pertambahan kedalaman sebesar 0,64 m dengan dominan 0,080 m. Dengan mengalami rata-rata perubahan kedalaman sebesar 0,055 m dan memiliki kecepatan perubahan kedalaman hingga sebesar 0,030 m/hari dengan memiliki rata-rata kecepatan perubahan kedalaman sebesar 0,002 m/hari. Maka, jika diakumuluasikan dalam sebulan mendapatkan kecepatan perubahan kedalaman sebesar 0,060 m. ======================================================================================================= PT Petrokimia Gresik has productivity support facilities in the form of a port facility for its own use. The port is expected to always be in good condition and always safe for shipping traffic to pass through. However, the performance of the port is highly dependent on the depth of the shipping line and the anchorage pool. One of the causes of silting in the port is the presence of sedimentation that occurs continuously and deposition in a location. At low tide the material will be eroded, while at high tide the sediment will be carried away. The location of the port which is in the strait and river mouth which results in topographical conditions with low elevation on the coast and harbor which is feared to affect the activities of docking ships. One of the steps used to overcome siltation is to carry out a dredging process for the sediment that settles in the area. Therefore, in order for the dredging process to run effectively, knowledge of the hydrodynamics of seawater and sediment transport in these water areas is required. Numerical model simulation can be used in an efficient and economical way. In this research, numerical hydrodynamic modeling will be carried out by showing an overview of the pattern of ocean currents and the distribution of sedimentation in the waters of the Port of PT Petrokimia Gresik using 3D hydrodynamics modeling software. Based on the modeling results, the largest current velocity is directed towards the Java Sea with a current velocity of between 0.000 m/s – 0.560 m/s and experienced an increase in depth of 0.640 m with a dominant 0.080 m. By experiencing an average depth change of 0.055 m and having a depth change velocity of up to 0.030 m/day with an average depth change velocity of 0.002 m/day. So, if it is accumulated in a month, the speed of change in depth is 0.060 m.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hidrodinamika Air Laut, Model Numerik, Pelabuhan PT Petrokimia Gresik, Sedimentasi, Transpor Sedimen Seawater Hydrodynamics, Numerical Model, PT Petrokimia Gresik Port, Sedimentation, Sediment Transport
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GC Oceanography
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Geomatics Engineering > 29202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yoga Arif Rohman
Date Deposited: 22 Aug 2021 13:55
Last Modified: 22 Aug 2021 13:55
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/88473

Actions (login required)

View Item View Item