Panti Sosial Wreda Dengan Pendekatan Biofilik

Iswara, Herdian Indra (2021) Panti Sosial Wreda Dengan Pendekatan Biofilik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111740000084-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08111740000084-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Arsitektur bukan hanya sekedar aktivitas atau sebuah kejadian atau rentetan koleksi artifak, bahkan bukan hanya sebuah seni. Arsitektur ikut andil dalam terciptanya sebuah peradaban dan budaya. Maka arsitektur adalah sebuah hal yang tidak akan bisa dihindari, yang bersifat universal dan akan terus berlanjut tanpa henti. Mencakup sebuah bentuk paling kasar seperti goa dan juga mencakup bentukan-bentukan canggih. Bagaimanapun skala serta kompleksitasnya, itu semua dapat disebut sebagai sebuah naungan (shelter). Maka dari itu awal mula arsitektur bisa disebut sebagai penyedia naungan.
Jumlah penduduk di bumi ini sudah mencapai 7.8 Miliar jiwa, dan Indonesia menempati peringkat ke empat dalam peringkat ini, dengan jumlah penduduk sekitar 274 Juta jiwa. Sebagai manusia pertambahan usia merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Maka penduduk yang berusia lanjut di Indonesia akan semakin banyak setiap tahunnya. Presentase orang lanjut usia di Indonesia ini membuat Indonesia sudah bisa dikategorikan masuk kedalam era penduduk menua (ageing population) dikarenakan presentase jumlah penduduk yang berumur lebih dari 60 tahun sudah lebih dari 7 persen. Dengan semakin bertambah banyaknya warga Indonesia yang lanjut usia bertambah pula mereka yang rawan terlantar dan bahkan sudah terlantar. Maka dari itu diperlukannya sebuah objek rancangan yang dapat menaungi para lanjut usia yang terlantar.
Digunakanlah pendekatan biofilik sebagai salah satu upaya untuk memberikan kenyamanan secara fisiologis maupun psikologis kepada para orang lanjut usia yang menggunakan objek rancangan nantinya. Serta mengkaji pola-pola biofilik yang sekiranya dapat membantu terciptanya kenyamanan itu.
====================================================================================================
Architecture is not just an activity or an event or a series of artifact collections, not even just an art. Architecture contributes to the creation of a civilization and culture. So architecture is something that can not be avoided, which is universal and will continue indefinitely. Includes a rough form like a cave and also includes sophisticated formations. Regardless of the scale and complexity, it can all be called as a shelter. Therefore the origin of architecture can be called a provider of a shelter.
The population on this earth has reached 7.8 billion people, and Indonesia is ranked fourth in this ranking, with a population of around 274 million people. As humans, increasing age is something that cannot be avoided. So the elderly population in Indonesia will increase every year. The percentage of elderly people in Indonesia can already be categorized as an aging population because the percentage of the population who are more than 60 years old is already more than 7 percent. With the increasing number of elderly Indonesians, there are also those who are prone to neglect and even displacement. Therefore we need a design object that can shelter neglected elderly people.
The biophilic approach is used as an effort to provide physiological and psychological comfort to elderly people who use the design object later. As well as studying biophilic patterns that can help create that comfort.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: arsitektur, shelter, terlantar, biofilik, architecture, neglected, biophilic
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2750 Architectural design.
N Fine Arts > NA Architecture > NA7115 Domestic architecture. Houses. Dwellings
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Herdian Indra Iswara
Date Deposited: 23 Aug 2021 03:29
Last Modified: 23 Aug 2021 03:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/88737

Actions (login required)

View Item View Item