Analisis Ketelitian Interpolasi Gridding Dalam Perhitungan Volume Galian Tambang Menggunakan Metode Trapezoidal Pada Open Pit Mining (Studi Kasus: Open Pit Site Tambang Satui, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan)

Ramadhan, Hafezs Satriani (2021) Analisis Ketelitian Interpolasi Gridding Dalam Perhitungan Volume Galian Tambang Menggunakan Metode Trapezoidal Pada Open Pit Mining (Studi Kasus: Open Pit Site Tambang Satui, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03311740000011-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03311740000011-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (25MB) | Request a copy

Abstract

Dalam kegiatan penambangan memerlukan perhitungan volume galian. Untuk mengetahui angka produksi, dilakukan perhitungan volume progress penambangan setiap per bulannya. Perhitungan volume diolah dengan 3D Modelling menggunakan sebuah software pertambangan. Perhitungan galian memiliki permasalahan yang kompleks serta volume galian akan sangat berpengaruh terhadap perhitungan cadangan sumberdaya batubara, oleh karena itu perhitungan volume galian harus dilakukan seteliti mungkin agar tidak ada yang dirugikan. Penelitian ini akan mencoba mengkaji perhitungan volume menggunakan teknik gridding yang hasilnya akan dibandingkan dengan volume hasil galian yang diangkut oleh dump truck. Perhitungan volume dilakukan dengan menggunakan metode Trapezoidal dengan interpolasi menggunakan beberapa metode gridding meliputi Inverse Distance Weight to a Power (IDW), Triangulation with Linear Interpolation, Finite Element Method (FEM), Finite Difference Method (FDM). Hasil perhitungan dari beberapa metode dalam perangkat lunak tersebut dibandingkan terhadap nilai volume batubara yang terangkut (Aktual) dengan mengacu pada toleransi ASTM (American Society for Testing and Materials), yakni batas maksimal persentase selisih hasil perhitungan volume, yaitu sebesar 2,78%. Dari hasil perhitungan volume didapatkan nilai selisih volume yang beragam, metode FEM memperoleh hasil terbaik dengan selisih perhitungan 11,933.13 m3 terhadap volume aktual atau sebesar 0.181% pada bulan juni dan selisih perhitungan 5,698.86 m3 terhadap volume aktual atau sebesar 0.084% pada bulan juli, sedangkan untuk ketelitian terendah adalah menggunakan metode Inverse Distance to a Power (IDW) dengan selisih volume sebesar -233,873.86 m3 atau mencapai -3.543% untuk bulan juni dan -241,981.57 m3 atau mencapai -3.560% untuk bulan juli, hal ini disebkan karena surface yang terbentuk pada interpolasi grid IDW tidak sesuai dengan bentuk permukaan sebenarnya sehingga perhitungan volume tidak akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Terestrial, Mapping, Exploitation, Survey
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA590 Topographical surveying
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Geomatics Engineering > 29202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Hafezs Satriani Ramadhan
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:05
Last Modified: 23 Aug 2021 04:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/88781

Actions (login required)

View Item View Item