Evaluasi Teknologi Pembelajaran Digital Dan Pengaruhnya Terhadap Niat Mahasiswa Untuk Menggunakan Course Pada Zedemy

Pratiwi, Febriyora Surya (2021) Evaluasi Teknologi Pembelajaran Digital Dan Pengaruhnya Terhadap Niat Mahasiswa Untuk Menggunakan Course Pada Zedemy. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211740000037-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211740000037-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembatasan kontak fisik akibat munculnya virus corona
mengakibatkan penutupan lembaga pendidikan di 130 negara,
salah satunya Indonesia. Kondisi pandemi memaksa semua
lembaga pendidikan beralih dari pembelajaran konvensional
menjadi pembelajaran online. Perubahan pembelajaran
konvensional menuju online bukan langkah yang mudah.
Umumnya hambatan dan tantangan yang dihadapi mahasiswa
yaitu kurangnya pemahaman konten pada mata kuliah yang
telah disediakan sehingga mengakibatkan kurangnya komitmen
siswa dalam menggunakan teknologi pembelajaran.
Departemen Sistem Informasi (DSI) ITS mengambil langkah
alternatif dengan menggunakan course pada Zedemy sebagai
salah satu metode pembelajaran berbasis community-based
learning dalam mendukung pembelajaran online. Oleh sebab
itu, perlunya evaluasi dari pola pembelajaran yang terdapat
pada course Zedemy untuk menggambarkan sejauh mana teknologi membantu pengguna dalam menyelesaikan program
yang telah dirancang pada course.
Keberhasilan penggunaan teknologi dapat dilihat dari aspek
penggunaan teknologi yang berkelanjutan. Metode yang dapat
mendukung pengguna untuk menggunakan teknologi pembelajaran yaitu dengan mengintegrasikan TTF dan SOCIAL untuk mengevaluasi course Zedemy. Tujuan
mengintegrasikan TTF adalah untuk mengkonseptualisasikan
seberapa baik teknologi diintegrasikan dengan berbagai tugas
yang saling terkait dalam pembelajaran. Sedangkan SOCIAL
menjelaskan bagaimana hubungan interaksi sosial menentukan
niat pengguna untuk menggunakan course Zedemy. Niat
pengguna untuk menggunakan course Zedemy diukur
berdasarkan variabel Perceived ease of use (PEU) dan
Perceived usefulness (PU) terhadap intention to use (ADOPT)
yang terbukti efisien dalam menjelaskan penerimaan teknologi.
Jumlah sampel yang tegabung pada penelitian ini adalah 191
dan dilakukan pengujian hipotesis melalui partial least squares
(PLS).
Hasil penelitian menunjukan niat mahasiswa menggunakan
course Zedemy memiliki nilai yang kuat, nilai tersebut dilihat dari besar nilai R2 yang menjelaskan 66,3% variansi dalam memotivasi siswa menggunakan course Zedemy, persepsi
kemudahan 44.9% serta persepsi kegunaan 62.6% dalam
memberikan integrasi yang baik antara teknologi dan praktik
pembelajarannya. Berdasarkan hasil tersebut mahasiswa SI ITS
akan termotivasi untuk menggunakan course Zedemy apabila
adanya integrasi yang baik antara teknologi dan proses
pembelajaran, serta didukung dengan adanya nilai kemudahan
dan kegunaan dalam meningkatkan pengetahuan mahasiswa.
Selain itu juga lingkungan sosial sangat mempengaruhi
mahasiswa untuk menggunakan course Zedemy. Sehingga
evaluasi ini diharapkan memberikan pemahaman yang lebih
baik dalam memenuhi kebutuhan pengguna dalam mencapai
proses pembelajaran yang baik.
======================================================================================================
Restrictions on physical contact due to the corona virus resulted in the closure of educational institutions in 130 countries, including Indonesia. Pandemic conditions compel all educational institutions to shift from traditional to online learning. It is not a simple transition from traditional to onlineschooling. In general, the barriers and problems that students encounter include a lack of comprehension of the information in the courses that have been offered, which results in students' lack of commitment to using learning technology. Its Information Systems Department (DSI) took an alternative step by using a course on Zedemy as one of the community-based learning methods in support of online learning. Therefore, the need for evaluation of the learning patterns contained in the Zedemy course to illustrate the extent to which technology helps users in completing programs that have been designed on the course.
The success of technology utilization may be demonstrated in
the feature of long-term use of technology. Integrating TTF and SOCIAL to evaluate zedemy courses is one technique that can assist users in using learning technology. The goal of
integrating TTF is to comprehend how well technology is
integrated with various connected tasks in learning. While SOCIAL illustrates how social contact relationships influence a user's intention to use a zedemy course. The user's intention to use a zedemy course is measured using the variables perceived ease of use (PEU) and perceived usefulness (PU) against intention to use (ADOPT), which has been shown to be effective in explaining technological acceptance. A total of 191 samples were collected, and hypothetical testing was carried out using partial least squares (PLS).
The results showed students' intention to use Zedemy course has a strong value, the value is seen from the large R2
value that explains 65.8% variance in motivating students using Zedemy courses, 44.6% perception of ease and 62.2% usability perception in providing good integration between technology and learning practices. Based on these results, SI ITS students will be motivated to use zedemy courses if there is a good integration between technology and learning process and supported by the value of ease and usefulness in improving student knowledge. In addition, the social environment greatly influences students to use zedemy courses. So, this evaluation is expected to provide a better understanding in meeting the needs of users in achieving a good learning process.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Community-based learning, Zedemy, TTF, dan SEM-PLS
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Febriyora Surya Pratiwi
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:09
Last Modified: 24 Aug 2021 04:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/89020

Actions (login required)

View Item View Item