Analisis Pengaruh Strategi Fleksibel Pada Penugasan Manpower Terhadap Kinerja Pemeliharaan Pesawat Narrow Body Pada Layanan Dinas Base Maintenance PT. GMF Aero Asia

Alfian subhan, Alfian (2021) Analisis Pengaruh Strategi Fleksibel Pada Penugasan Manpower Terhadap Kinerja Pemeliharaan Pesawat Narrow Body Pada Layanan Dinas Base Maintenance PT. GMF Aero Asia. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.

[thumbnail of Tesis Final Alfian Subhan 09211950085007.pdf] Text
Tesis Final Alfian Subhan 09211950085007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Tesis Final Alfian Subhan 09211950085007.pdf] Text
Tesis Final Alfian Subhan 09211950085007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Industri perawatan pesawat terbang diprediksi akan mengalami kenaikan yang sangat signifkan dalam kurun waktu hingga 2030 terutama jenis pesawat narrow body, dampak pandemi covid-19 membuat PT. GMF Aero Asia harus melakukan langkah strategis untuk menangkap peluang pasar ini. Dalam sisi sumber daya manusia yang tertuang dalam RJPP 2021-2025 strategi flexibility manpower akan diterapkan untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas, namun apakah strategi tersebut akan mempunyai pengaruh terhadap kinerja proyek perawatan pesawat jenis narrow body terutama dalam aspek biaya, waktu dan mutu.
Tujuan dalam penelitian yaitu mengetahui apakah strategi flexibility manpower mempunyai hubungan dan pengaruh terhadap kinerja proyek perawatan pesawat nrrow body di dinas base maintenance. Flexibility manpower yang akan diterapkan dalam penelitian ini yaitu functional, numerical & temporal yang tertuang dalam RJPP 2021-2025, sedangkan kinerja proyek didapatkan dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya yaitu waktu, biaya dan mutu yang terpengaruh akibat faktor manusia. Sifat dari penelitian ini yaitu penelitian konfirmatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif dan analisis korelasi kanonikal (canonical correlation) digunakan dalam metoda penelitian ini. Objek dalam penelitian ini yaitu para pimpinan dari proyek yang secara langsung bersentuhan dengan proyek perawatan pesawat narrow body, pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metoda kuisioner dalam skala lykert Analisis penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa strategi functional & numerical mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap kinerja proyek perawatan pesawat narrow body, strategy temporal mempunyai pengaruh yang rendah terhadap kinerja proyek. Sedangkan dalam kinerja proyek, kinerja biaya dan mutu merupakan faktor yang paling dominan dalam proyek perawatan pesawat terbang narrow body.
Kata kunci: pemeliharaan pesawat, strategi functional, strategi numerical, strategi temporal, analisis deskriptif, korelasi kaninikal

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Alfian Subhan
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:28
Last Modified: 23 Aug 2021 05:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/89029

Actions (login required)

View Item View Item