Re-Desain Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Pamekasan Dengan Konsep Interactive Digital Approaching Sebagai Upaya Mendukung Peningkatan Indeks Alibaca Di Jawa Timur

Mulyadi, Achmad (2021) Re-Desain Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Pamekasan Dengan Konsep Interactive Digital Approaching Sebagai Upaya Mendukung Peningkatan Indeks Alibaca Di Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Laporan_Fachriali_08411740000045_Sidang Akhir.pdf] Text
Laporan_Fachriali_08411740000045_Sidang Akhir.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Perpustakaan merupakan sebuah media atau fasilitas yang berfungsi sebagai tempat mencari refrensi, membaca buku, dan juga sebagai fasilitas rekreasi, serta di titik lain perpustakaan juga berfungsi sebagai media pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia terutama dari parameter indeks alibaca. Sebagai negara berkembang Indonesia masih mempunyai nilai yang cukup rendah terutama dari parameter indeks alibaca itu sendiri dan permasalahan ini sudah berlangsung lama dan belum ada peningkatan signifikan selama permasalahan itu ada.
Dari beberapa kajian dan pemantauan terdapat banyak sekali faktor yang mempengeruhi rendahnya indeks alibaca di Indonesia terutama pada faktor fasilitas yang digunakan dimana masih kurang optimal misalnya pada kasus ini adalah perpustakaan. Perpustakaan di Indonesia kurang optimal guna memenuhi penilaian baik baik dari jumlah maupu kualitas perpustakaan itu sendiri
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pamekasan sebagai perpustakaan tingkat kabupaten yang ada di Pamekasan merupakan satu-satunya perpustakaan di Pamekasan, dan dengan konsep pendekatan teknologi interaktif dalam desain interior harapannya fasilitaas ini bisa menjadi dukungan dalam upaya meningkatkan indeks alibaca terutama di Jawa Timur.
==================================================================================================================
Library is a media or facility that functions as a place to find references, read books, and also as a recreational facility, and at another point the library also functions as a government medium in improving the quality of education in Indonesia, especially from the parameters of the alibaca index. As a developing country, Indonesia still has a fairly low value, especially from the parameters of the alibaca index itself and this problem has been going on for a long time and there has been no significant increase as long as the problem exists.
From several studies and monitoring, there are many factors that influence the low alibaca index in Indonesia, especially in the facilities used, which are less than optimal, for example in this case the library. Libraries in Indonesia are less than optimal in fulfilling the assessment both in terms of number and quality of the library itself
Library and Archives Service Of Pamekasan State as a district level library in Pamekasan Regency is the only library in Pamekasan, and with the concept of an interactive technology approach, it is hoped that this facility can be an answer in an effort to increase the alibaca index, especially in East Java.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: perpustakaan, teknologi interaktif, alibaca library, interactive technology, alibaca
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2750 Architectural design.
N Fine Arts > NA Architecture > NA6600 Education buildings
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: achmad fachriali mulyadi
Date Deposited: 24 Aug 2021 16:03
Last Modified: 24 Aug 2021 16:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/89032

Actions (login required)

View Item View Item