ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN MESIN EDC PADA NASABAH PT. XYZ

ROHMAH, RIZKA AMELIA (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN MESIN EDC PADA NASABAH PT. XYZ. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211950025007-Master_Thesis.pdf] Text
09211950025007-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu sarana yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi bisnis di era globalisasi dan kemajuan teknologi saat ini adalah dengan inovasi pada sektor ekonomi yaitu munculnya produk finansial digital yang disebut sebagai uang elektronik (e-money). Untuk mendukung kegiatan tersebut, perusahaan perbankan membuat alat transaksi yang disebut mesin EDC (Electronic Data Capture). Di tengah-tengah naiknya penggunaan transaksi mesin EDC, Covid-19 hadir dan mempengaruhi minat transaksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat transaksional dan faktor mana yang dominan mempengaruhi minat transaksional pada penggunaan mesin EDC PT. XYZ. Dalam mencapai tujuan tersebut, dianalisis beberapa faktor seperti: Pandemic fear, Social Media Marketing Activities, Trust, Corporate Image. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan berdasarkan metode convenience sampling. Teknik analisis data menggunakan alat statistik Structural Equation Modelling (SEM). Hasil temuan menunjukkan Pandemic fear dan Trust tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Transaksional. Sedangkan SMMA dan Corporate Image berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Transaksional. Implikasi manajerial dari penelitian ini ditujukan pada PT. XYZ sebagai penyedia jasa agar dapat mengetahui strategi yang tepat untuk meningkatkan minat transaksional terhadap mesin EDC
====================================================================================================
One of the tools needed to conduct business transactions in the current era of
globalization and technological progress is innovation in the economic sector,
namely the emergence of digital financial products called electronic money
(e-money). To support these activities, banking companies make transaction
tools called EDC (Electronic Data Capture) machines. In the midst of the
increasing use of EDC machine transactions, Covid-19 is present and affects
transaction interest. The purpose of this study is to analyze what factors
influence transactional interest and which factors dominantly influence
transactional interest in the use of PT. XYZ. In achieving these goals, several
factors were analyzed, such as: Pandemic fear, Social Media Marketing
Activities, Trust, Corporate Image.This type of research is quantitative research.
This study uses a sample of 100 respondents which aims to collect data and
based on the methodconvenience sampling. The data analysis technique used a
statistical tool Structural Equation Modeling (SEM). The findings
showPandemic fear and Trustdoes not have a significant positive effect on
Transactional Interest. Meanwhile, SMMA and Corporate Image have a
significant positive effect on Transactional Interest. The managerial implication
of this research is aimed at PT. XYZ as a service provider in order to find out
the right strategy to increase transactional interest in EDC machines.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Minat Transaksional, Pandemic Fear, Social Media Marketing Activities, Trust, Corporate Image, Structural Equation Modelling (SEM).
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Rizka Amelia Rohmah
Date Deposited: 22 Aug 2021 14:44
Last Modified: 23 Aug 2021 02:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/89697

Actions (login required)

View Item View Item