Desain Purwarupa Antarmuka Fitur Ekspresi Opini Pada Halaman Objek Wisata di Surabaya Menggunakan Metode Prototyping Sebagai Pemenuhan Ekspektasi Wisatawan

Soeroso, Abhirama Anandika Prabhaswara (2021) Desain Purwarupa Antarmuka Fitur Ekspresi Opini Pada Halaman Objek Wisata di Surabaya Menggunakan Metode Prototyping Sebagai Pemenuhan Ekspektasi Wisatawan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211740000126_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211740000126_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kota Surabaya memiliki daya tariknya sendiri sebagai kota terbesar nomor dua di Indonesia. Kota Surabaya mengedepankan sejarah dan cerita walaupun tetap memberikan wisata alam seperti pantai, forest park, dan lainnya. Bagi pengunjung yang belum pernah mendatangi objek wisata yang ada di Kota Surabaya akan bingung objek mana yang didatangi terlebih dahulu. Sehingga penting untuk mencari informasi atau pun opini-opini dari wisatawan lain.
Namun sayangnya banyak wisatawan yang masih mengalami kesulitan dalam membuat ulasan, hal ini membuat dampak juga ke wisatawan yang mencari informasi. Wisatawan kesulitan dalam merangkai kata-kata dalam melakukan ulasan wisata. Karena itu wisatawan mengambil jalan cepat dengan menuliskan apa pun yang ada di pikirannya. Sehingga menyebabkan ulasan menjadi kurang informatif untuk diterima wisatawan yang membaca. Dengan itu penelitian ini bertujuan untuk menggali kebutuhan dan kesulitan wisatawan dalam mengekspresikan pada ulasan dan merancang solusi desain purwarupa antarmuka dari fitur ekspresi opini.
Penelitian dilakukan menggunakan metode prototyping yang menganut prinsip metode user research, di mana user research berfokus pada pemahaman perilaku pengguna, kebutuhan, dan motivasi pengguna. Penggalian data dilakukan dengan langkah needfinding melalui wawancara secara daring dengan 6 partisipan yang memakai platform wisata. Dilanjutkan dengan pendetailan kebutuhan dan perilaku kognitif pengguna serta frase beberapa objek wisata dari hasil wawancara. Perancangan alternatif ide dari hasil penggalian data dilakukan dengan menggunakan metode “How Might We”. Alternatif ide yang dipilih diwujudkan menjadi user flow yang akhirnya menjadi antarmuka desain purwarupa berupa low-fidelity prototype. Prototipe tersebut diujikan ke partisipan dengan menggunakan metode usability testing. Feedback dari partisipan menjadi masukan untuk perbaikan dan pengembangan desain. Proses pengujian akan terus dilakukan hingga desain sudah menjawab kebutuhan dari partisipan.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa partisipan sering kali melewatkan kesempatan untuk mengulas cara yang konvensional karena membutuhkan waktu lebih untuk menuliskannya. Selain itu partisipan juga mengatakan dengan alasan tidak sering menulis ulasan dikarenakan tidak punya banyak waktu. Ditemukan juga setiap partisipan mempunyai hal-hal subjektif dan preferensi masing-masing dalam mengekspresikan opininya.
Hasil luaran dari penelitian adalah desain purwarupa antarmuka dari fitur ekspresi opini yang dapat membantu pengguna menyelesaikan ulasan dengan cepat tapi tetap mempertahankan hal subjektif atau preferensi pengguna.

Kata Kunci: Wisata, Ekspresi Opini, Prototyping, User Research, Usability Testing, Antarmuka Desain
=======================================================================================================
The city of Surabaya has its charm as the second-largest city in
Indonesia. The city of Surabaya puts forward history and stories
even though it still provides natural attractions such as beaches,
forest parks, and others. For visitors who have never visited a
tourist attraction in the city of Surabaya, they will be confused
about which object to visit first. So it is important to seek
information or opinions from other tourists.
But unfortunately, many tourists still have difficulty in making
reviews, this has an impact on tourists who are looking for
information. Tourists have difficulty in putting together words
in conducting travel reviews. Therefore tourists take the fast
path by writing down whatever is on their mind. So that causes
the reviews to be less informative to be accepted by tourists who
read. With that, this study aims to explore the needs and
difficulties of tourists in expressing in reviews and designing
interface prototype design solutions from opinion expression
features.
The research was conducted using a prototyping method that
adheres to the principle of the user research method, where user
research focuses on understanding user behavior, needs, and
user motivation. Data mining was carried out by need-finding
through online interviews with 6 participants who used the
tourism platform. Followed by detailing the needs and cognitive
behavior of users as well as phrases of several tourist
attractions from the interviews. The design of alternative ideas
from the results of data collection which was carried out using
the "How Might We" method. The chosen alternative idea is
transformed into a user flow which eventually becomes a
prototype design interface in the form of a low-fidelity
prototype. The prototype was tested on participants using the
usability testing method. Feedback from participants becomes
the input for improvement and design development. The testing
process will continue until the design has answered the needs of
the participants.
Based on the results of the study, it was found that participants
often missed the opportunity to review the conventional method
because it took more time to write it down. In addition,
participants also said that the reason for not writing reviews
often was because they did not have much time. It was also
found that each participant had subjective things and their
preferences in expressing their opinions.
The output of the research is the design of an interface prototype
of the opinion expression feature that can help users complete
reviews quickly but still maintain subjective or user preferences.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Wisata, Ekspresi Opini, Prototyping, User Research, Usability Testing, Antarmuka Desain Human-Computer Interaction, Feature Design, Opinion Expression, Travel, User Study
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Abhirama Anandika Prabhaswara Soeroso
Date Deposited: 26 Aug 2021 14:41
Last Modified: 05 Apr 2022 04:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/89750

Actions (login required)

View Item View Item