Healing Architecture : Rumah Terapi untuk Remaja Korban Perceraian

Fauziah, Lutfi Resti (2021) Healing Architecture : Rumah Terapi untuk Remaja Korban Perceraian. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111740000054-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08111740000054-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kasus perceraian di Indonesia yang terus meningkat. Hal ini secara tidak langsung mempengaruhi psikologi anak terutama di usia remaja yang masih di usia yang kurang stabil (usia 12-18 tahun). Emosi yang kurang stabil di usianya yang remaja dan ditambah oleh tekanan dengan status orang tua tunggal, akhirnya mereka merasa tertekan, dikucilkan, minder, hingga kehilangan jati dirinya dan tidak mau bersosialisasi, kurangnya dukungan motivasi karena orang tuanya bercerai, motivasi belajar maupun motivasi untuk hidup menurun. Hal ini disebut dengan depresi ringan.
Agar mereka bisa mendapatkan kembali motivasi hidup dan juga perilaku sosial yang lebih baik, sebelum mengarah kepada hal-hal yang negatif dan hal ini bersangkutan pada proses peremajaan anak dalam pertumbuhannya. Maka dari itu perlu dilakukan treatment/terapi untuk remaja korban perceraian. Namun, di Indonesia sebagian besar tempat terapi dilakukan di rumah sakit atau panti rehabilitasi, yang mana keduanya dianggap terlalu formal dan terkesan dengan stigma negatif. Formal yang dimaksudkan adalah suasananya, yang mana berupa formal environment dan seperti panti rehabilitasi dan juga rumah sakit. Apabila seorang anak remaja sudah dimasukkan ke dalam panti rehabilitasi/rumah sakit, hal ini akan memberikan kesan negative dan si remaja tidak akan merasa nyaman.
Dengan melakukan penataan lingkungan melalui penataan landscape dengan menciptakan healing garden, serta menggunakan pendekatan healing architecture dan pengkajian teori therapeutic environment, desain diharapkan dapat menjadi sebuah tempat terapi yang bisa me-release stres yang mereka alami dengan aktivitas terapi yang disediakan. Tujuannya adalah untuk menghilangkan stigma negatif dari tempat terapi dan dapat menciptakan kondisi lingkungan terapi yang jauh dari kata formal dan kaku.
=======================================================================================================
Divorce cases in Indonesia continue to increase. This indirectly affects the psychology of children, especially at the age of teenagers who are still at a less stable age (12-18 years old). Emotions that are less stable in their teens and coupled with the pressure of being a single parent, eventually they feel depressed, isolated, inferior, to lose their identity and do not want to socialize, lack of motivational support because their parents are divorced, motivation to learn and motivation to live decreased. This is known as mild depression.
So that they can get back the motivation for life and also better social behavior, before it leads to negative things and this is related to the process of rejuvenating children in their growth. Therefore, it is necessary to do treatment/therapy for adolescent victims of divorce. However, in Indonesia most places of therapy are carried out in hospitals or rehabilitation centers, both of which are considered too formal and are impressed with negative stigma.
By structuring the environment through landscape arrangement by creating a healing garden, as well as using a healing architecture approach and theoretical assessment of the therapeutic environment, the design is expected to become a place of therapy that can release the stress they experience with the provided therapeutic activities. The goal is to remove the negative stigma from the place of therapy and can create a therapeutic environment that is far from formal and rigid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: healing architecture, landscape, remaja korban perceraian, terapi healing architecture, landscape, adolescent victims of divorce, therapy
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2750 Architectural design.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Lutfi Resti Fauzih
Date Deposited: 24 Aug 2021 01:17
Last Modified: 24 Aug 2021 01:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/89983

Actions (login required)

View Item View Item