Pembuatan Dashboard Untuk Perbandingan Tingkat Kematangan Orientasi Proses Bisnis Perusahaan Dengan Pendekatan Design Science

Rahman, Yahya Noviko (2021) Pembuatan Dashboard Untuk Perbandingan Tingkat Kematangan Orientasi Proses Bisnis Perusahaan Dengan Pendekatan Design Science. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 0521740000053_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
0521740000053_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Orientasi proses bisnis merupakan salah satu cara yang dapat digunakan perusahaan untuk dapat meningkatkan kinerja. Orientasi proses bisnis memberikan sebuah pendekatan terhadap proses yang diselaraskan antara fungsional atau bidang kerja dalam perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
Permasalahan: Permasalahan yang terjadi berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya menunjukkan hasil penilaian tingkat kematangan orientasi proses bisnis bervariasi tergantung pada konteks perusahaan seperti ukuran dan jenis industri. Perusahaan berukuran kecil memiliki tingkat kematangan yang lebih rendah dibandingkan dengan perusahaan berukuran sedang. Studi lain juga membandingkan perusahaan berukuran menengah dengan jenis industri garmen dan industri otomotif yang memiliki tingkat kematangan yang berbeda.
Tujuan:Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat kematangan orientasi proses bisnis perusahaan berdasarkan ukuran dan jenis industri. Perbandingan tersebut divisualisasikan dalam bentuk dashboard sehingga perusahaan kemudian dapat melakukan perbandingan dengan perusahaan lain dalam konteks ukuran dan jenis industri. Perusahaan dapat melakukan perbandingan sehingga perusahaan dapat mengidentifikasi posisinya pada penilaian tingkat kematangan orientasi proses bisnis dengan konteks ukuran dan jenis industri yang sama maupun berbeda.
Metode: Untuk mendapatkan data yang kemudian akan divisualisasikan dalam bentuk dashboard, dilakukan survei terbuka. Penyebaran survei dilakukan secara online melalui platform media sosial seperti Linkedin dan kontak yang dimiliki. Survei tersebut berisi pertanyaan terkait sembilan area proses bisnis oleh Skrinjar dan Trkman. Visualisasi dashboard dilakukan dengan menentukan KPI dari pembuatan dashboard, dilanjutkan dengan menentukan tujuan dari setiap halaman pada dashboard, sehingga visualisasi data yang akan dibuat dapat memberikan informasi secara efektif.
Hasil: Dashboard akan terdiri dari 7 halaman. Halaman pertama akan menampilkan deskripsi singkat penilaian survei orientasi proses bisnis. Halaman kedua pada dashboard akan menampilkan sebaran perusahaan yang telah mengikuti survei. Halaman ketiga dashboard akan menampilkan penilaian dari sembilan area proses bisnis. Halaman keempat akan menampilkan distribusi nilai menurut jenis industri. Halaman kelima akan menampilkan distribusi nilai berdasarkan ukuran perusahaan. Halaman keenam akan menampilkan perbandingan perusahaan dibandingkan dengan jenis industri. Halaman ketujuh akan menampilkan perbandingan perusahaan versus ukuran perusahaan. Hasil visualisasi pada dashboard dapat menunjukkan area penilaian pada perusahaan yang memiliki nilai rendah. Hasil visualisasi selanjutnya dapat digunakan oleh perusahaan sebagai sarana evaluasi penilaian area yang kurang dari target dan membandingkannya dengan konteks tipe industri maupun ukuran perusahaan. Hasil perbandingan dapat digunakan mendapatkan sumber inspirasi dan motivasi untuk perbaikan dan berkembang.
================================================================================================
Background: Business process orientation is one way that companies can use to improve performance. Business process orientation provides a process approach that is aligned between functional or work fields within the company to meet customer needs.
Problems: Problems that occur based on research that has been done previously show the results of the assessment of the maturity level of business process orientation vary depending on the company context such as size and type industry. Small-sized companies have a lower maturity level than medium-sized companies. Another study also compared medium-sized companies with the type of garment industry and the automotive industry having different maturity levels.
Purpose: This study aims to compare the maturity level of the company's business process orientation based on the size and type of industry. The comparison is visualized in the form of a dashboard so that the company can then make comparisons with other companies in the context of the size and type of company industry. Companies can make comparisons so that companies can find out where they stand on the assessment of the maturity level of business process orientation with the context of the same or different size and type of industry. To obtain data which will then be visualized in the form of a dashboard, an open survey was carried out.
Methods: Dissemination of surveys is carried out online through social media platforms such as Linkedin and contacts owned to participate in online surveys. The survey contains questions related to the nine business process areas of Skrinjar and Trkman. Dashboard visualization is done by determining KPIs from the dashboard creation, followed by determining the objectives for each page on the dashboard, so that the data visualization that will be created can provide information effectively.
Results: The dashboard will consist of 7 pages. The first page will show a brief description of the assessment of the business process orientation survey. The second page on the dashboard will show the distribution of companies that have participated in the survey. The third page of the dashboard will show an assessment of the nine business process areas. The fourth page will show the distribution of values by industry type. The fifth page will show the distribution of values based on company size. The sixth page will show a comparison of companies compared to industry types. The seventh page will show a comparison of companies versus company size. The results of the visualization on the dashboard can show the assessment area for companies that have low scores. The results also can be used by the company as an assessment to assess areas that are less than the target and compare it with the industry and company size. The result can be used by the companies to get a source of inspiration and motivation for improvement and development.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dashboard, Orientasi Proses Bisnis, Perbandingan, Visualisasi, Benchmarking, Business Process Orientation, Protes, Visualization.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9706.2 Measuring instruments
T Technology > T Technology (General) > T385 Visualization--Technique
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yahya Noviko Rahman
Date Deposited: 27 Aug 2021 07:14
Last Modified: 27 Aug 2021 07:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/90814

Actions (login required)

View Item View Item