Modifikasi Perencanaan Perbaikan Tanah Dasar Jalan Tol Semarang - Demak STA 21+000 S/D 22+350 Menggunakan Metode Vacuum Preloading Dengan Prefabricated Vertical Drain

Hikam, Mohammad Aulia Shohibul (2021) Modifikasi Perencanaan Perbaikan Tanah Dasar Jalan Tol Semarang - Demak STA 21+000 S/D 22+350 Menggunakan Metode Vacuum Preloading Dengan Prefabricated Vertical Drain. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
10111710013028-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Jalan Tol Semarang Demak merupakan salah satu pengembangan dari Jalan Tol Trans Jawa yang pembangunannya dimulai pada akhir tahun 2019. Kondisi lokasi eksisting Proyek Pembangunan Jalan Tol Semarang Demak didominasi oleh sawah dan rawa dengan elevasi muka air tanah tinggi. Berdasarkan hasil penyelidikan awal pada STA 21+000 s/d 22+350, diketahui bahwa tanah dasarnya merupakan sangat lunak hingga kedalaman 30. Permasalahan dari tanah lunak adalah daya dukung yang kecil, pemampatan yang besar dan waktu konsolidasi yang lama. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan tanah dasar untuk menghilangkan pemampatan tanah. Perbaikan tanah yang digunakan adalah Metode Vacuum Preloading dengan Prefabricated Vertical Drain, sesuai dengan SNI 8460:2017 tentang persyaratan perancangan geoteknik. Berdasarkan hasil perencanaan, pemasangan pompa vacuum pada lokasi proyek memiliki tekanan sebesar 101,28 kPa. Dengan efektivitas pompa sebesar 80% maka tekanan vacuum menjadi 81,02 kPa atau setara 4,89 meter timbunan tanah. Dengan mempertimbangkan waktu konsolidasi maka dipilih pola pemasangan PVD persegi dengan jarak 100 cm. Dengan desain tersebut, lama waktu yang diperlukan tanah untuk mencapai derajat konsolidasi 90% menurun sangat drastis. Dari 256 tahun menjadi hanya 16 minggu. Penggunaan Metode Vacuum Preloading juga mengurangi tinggi timbunan tanah, seperti pada STA. 21+950 apabila menggunakan soil preloading, tinggi timbunan mencapai 10,637 meter sedangkan dengan menggunakan Vacuum Preloading timbunan subgrade hanya setinggi 7,767 meter. Sehingga dapat dipastikan penggunaan Metode Vacuum Preloading dengan Prefabricated Vertical Drain dapat memperbaiki tanah dasar dengan menghilangkan pemampatan tanah ===================================================================================================== The Semarang Demak Toll Road is one of the developments of the Trans Java Toll Road whose construction began at the end of 2019. The condition of the existing location of the Semarang Demak Toll Road Development Project is dominated by rice fields and swamps with high groundwater levels. Based on the results of the initial investigation at STA 21+000 to 22+350, it is known that the subgrade is very soft to a depth of 30. The problems of soft soil are low bearing capacity, large compression, and long consolidation time. Therefore, it is necessary to improve the subgrade to eliminate soil compression. The soil improvement used is the Vacuum Preloading Method with Prefabricated Vertical Drain, in accordance with SNI 8460: 2017 requirements geotechnical design. Based on the results of the calculation, the installation of a vacuum pump at this project site has a pressure of 101.28 kPa. With a pump effectiveness of 80%, the vacuum pressure becomes 81.02 kPa or the equivalent of 4.89 meters of soil pile. Considering the consolidation time, a square pattern PVD installation was chosen with 100 cm spacing. The use of the Vacuum Preloading Method also reduces the height of the soil embankment, as in STA. 21+950 when using soil preloading the embankment height reaches 10,637 meters while using Vacuum Preloading the subgrade is only 7,767 meters high.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Vacuum Preloading, Prefabricated Vertical Drain, Tol Semarang Demak, Tanah Lunak, Perbaikan Tanah, Semarang Demak Toll Road, Soft Soil, Soil Improvement
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA749 Soil stabilization
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4)
Depositing User: Mohammad Aulia Shohibul Hikam
Date Deposited: 31 Aug 2021 03:58
Last Modified: 31 Aug 2021 03:58
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/90841

Actions (login required)

View Item View Item