Perancangan Board game dengan Tema Jelajah Bangunan Bersejarah di Kota Malang

Wibowo, Ichda Castabryna Aurellianza (2021) Perancangan Board game dengan Tema Jelajah Bangunan Bersejarah di Kota Malang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311740000103_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08311740000103_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Industri pemainan board game di Indonesia sedang berkembang sejak tahun 2015 dan memiliki peluang bisnis di masa depan. Tren konten sejarah maupun board game dengan tema sejarah di Indonesia, memiliki banyak peminat yang dibuktikan dengan penjualan cukup besar. Hadirnya fenomena ini menciptakan sebuah peluang untuk menciptakan board game dengan konten lokal bangunan bersejarah. Kota Malang dipilih karena merupakan hasil perencanaan kota kolonial terbaik di masa Hindia Belanda dan terdapat banyak bangunan bersejarah yang masih berdiri hingga saat ini (Handinoto, 1996). Keunikan dari bangunan bersejarah di Kota Malang merupakan warisan dan daya tarik bagi wisatawan dan masyarakat sehingga memiliki potensi untuk dijadikan sebagai tema permainan yang menjual.
Metode riset yang digunakan dalam perancangan ini adalah diawali dengan tinjauan desain terdahulu dilanjutkan dengan studi eksperimental untuk menentukan draft gameplay, observasi terhadap bangunan bersejarah yang akan digunakan di Kota Malang, depth interview dengan para praktisi board game, hingga prototyping sederhana dan final produk permainan, serta testplay dan user testing kepada target segmen yaitu pemain board game dan peminat bangunan bersejarah berusia 16-24 tahun untuk menguji aspek playability dan visual. Proses ini dilakukan berulang hingga menghasilkan produk desain final yang sesuai.
Hasil yang akan didapatkan dari boardgame ini adalah permainan dengan konsep wisatawan yang menjelajah kawasan di Kota Malang dan mengunjungi bangunan bersejarah di kawasan tersebut. Komponen permainan terdiri dari papan, kartu, dan pion pemain serta bangunan. Konten yang dimuat dalam permainan ini adalah bangunan bersejarah yang terdapat di kawasan bangunan bersejarah pada wilayah Jalan Dr. Sutomo, Kawasan Alun-alun Tugu, Alun-Alun dan Kayutangan, serta Ijen Boulevard. Diharapkan dengan menikmati board game ini, pemain dapat mengetahui bangunan bersejarah yang ada di Kota Malang sehingga meningkatkan apresiasi terhadap warisan daerah. Para pemain juga dapat menikmati permainan ini sebagai media rekreasi yang menyenangkan.
================================================================================================
the potential to develop. Historical content trends in Indonesia as well as historical theme board games, have a lot of enthusiasts as evidenced by the large sales. The presence of this phenomenon creates an opportunity to create a board game with local historical building content. Malang City was the best colonial city plan in the Dutch East Indies era, it has many colonial buildings that are still standing today (Handinoto: 1996). This historic building is a regional heritage and asset, which is an attractiveness of Malang City because of the uniqueness of the building and it has the opportunity to be the theme of the game.
The research method used in this design is to begin with a review of previous designs followed by experimental studies to determine the gameplay draft, observations of historical buildings that will be used in Malang City, depth interviews with board game practitioners, to simple prototyping and final game products, and testplay and user testing to target segments, namely board game players and historic building enthusiasts aged 16-24 years old to test playability and visual aspects. This process is repeated to produce a suitable final design product.
The result that will be obtained from this boardgame is a game with a concept where players explore several areas in Malang City and find historical buildings in those areas. Game components consist of the board, cards, player pawns and building pawns. The content contained in this game is historical buildings located in the historical building area in the Klojen area, Tugu Square, Alun-Alun and Kayutangan, and Ijen Boulevard. It is hoped that the target segment can enjoy board games as a fun recreation medium while knowing the historical buildings in Malang City as city heirlooms and heritage and increasing appreciation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kota Malang, Bangunan bersejarah, board game, Media rekreasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ichda Castabryna Aurellianza Wibowo
Date Deposited: 29 Aug 2021 08:29
Last Modified: 29 Aug 2021 08:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/91012

Actions (login required)

View Item View Item