Analisa Pengaruh Variasi Sudut Kemiringan Trim Tab Terhadap Kebutuhan Daya Propulsi Kapal Pada Speed Boat 6 Meter

Oktova, Aufal Nanda (2021) Analisa Pengaruh Variasi Sudut Kemiringan Trim Tab Terhadap Kebutuhan Daya Propulsi Kapal Pada Speed Boat 6 Meter. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211940005005-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04211940005005-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Menentukan kebutuhan daya propulsi kapal merupakan salah satu faktor yang cukup krusial dalam perancangan kapal. Penentuan daya propulsi kapal sangat erat hubungannya dengan nilai tahanan kapal. Salah satu penyebab besarnya tahanan kapal adalah akibat nilai trim buritan yang berlebih pada kapal. Dampak lain dari trim yang berlebihan adalah terjadinya porpoising pada kapal cepat. Oleh karena itu diperlukan suatu mekanisme untuk menanggulanginya, salah satunya adalah pengaplikasian trim tab. Trim tab merupakan permukaan kecil yang dipasang di transom kapal yang dapat diatur sudut kemiringannya sesuai kebutuhan dan kondisi kapal. Dengan mengatur sudut kemiringan trim tab menjadi lebih besar, maka dapat meningkatkan gaya lift dan momen torsi pada bagian buritan kapal yang mana hal tersebut dapat mereduksi nilai trim kapal. Penelitian ini dilakukan pada studi kasus jenis planning hull dengan froude number > 1, yaitu speed boat dengan ukuran panjang 6 meter dengan konfigurasi mesin tipe single outboard. Berdasarkan karakteristik tersebut, mengacu pada guide dari Bennet Marine, geometri trim tab yang sesuai untuk objek penelitian ini adalah trim tab dengan lebar span 18” (46 cm) dan panjang chord 9” (23 cm). Setelah dilakukan pemilihan geometri trim tab, kemudian dilakukan analisa tahanan dan trim kapal yang dilakukan dengan menggunakan metode CFD. Simulasi dilakukan pada kondisi kemiringan trim tab 5⁰, 10⁰, dan 15⁰ pada kecepatan 15 knot, 17 knot dan 19 knot. Melalui hasil simulasi CFD, diperoleh trim tab dengan sudut 15⁰ dapat mereduksi nilai tahanan kapal hingga mencapai 17,25% dan pengurangan nilai trim hingga mencapai 46,72%. Kemudian setelah dilakukan perhitungan kebutuhan daya propulsi kapal, ditunjukkan bahwa dengan pengoperasian trim tab pada sudut 15⁰, diperoleh pengurangan mencapai 11,56% dari 78,854 kW hingga 69,741 kW. Adapun hubungan antara sudut kemiringan trim tab dan kebutuhan daya adalah semakin besar sudut kemiringan trim tab, maka semakin kecil kebutuhan daya propulsi kapal.
=====================================================================================================
Determining the ship's propulsion power requirements is one of the most crucial things in ship design. The calculation of the ship's propulsion power is closely related to the ship's resistance. One of the causes of the high value of a ship's resistance is excessive trim of the ship. Another impact of excessive trim is the occurrence of porpoising on speed boats. Therefore it needs a mechanism to overcome this, it can be by applying trim tabs. The trim tab is a small surface mounted on the ship's transom that can be adjusted according to the conditions of the ship. By adjusting the angle of the trim tab to be larger, it can increase the lift force and torque moment at the stern of the ship which can reduce the trim of the ship. This research was conducted on a case study of the type of planning hull with a froude number > 1, namely a speed boat with a length of 6 meters with a single outboard type engine configuration. Based on these characteristics, referring to the guide from Bennet Marine, the appropriate trim tab geometry for this boat is a trim tab with a span width of 18” (46 cm) and a chord length of 9” (23 cm). After selecting the trim tab geometry, then analyzing the resistance and trim of the ship using the CFD method. CFD simulations were carried out at trim tab angles of 5⁰, 10⁰, and 15⁰ and at speeds of 15 knots, 17 knots and 19 knots. Through CFD simulation, trim tab with an angle of 15⁰ can reduce the value of the ship's resistance to 17.25% and for the trim can be reduced to 46.72%. Then after the ship's propulsion power requirements calculation, it is shown that the trim tab with an angle of 15⁰, a reduction of 11.56% is obtained from 78.854 kW to 69.741 kW. The relationship between the angle of the trim tab and the power requirement is that the greater the angle of the trim tab, the smaller the propulsion power requirement of the ship.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tahanan Kapal, Trim, Daya Propulsi Kapal, Trim Tab, CFD Ship Resistance, Trim, Propulsion Power, Trim Tab, CFD
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA911 Fluid dynamics. Hydrodynamics
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM161 Ships--Hydrodynamics
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM751 Resistance and propulsion of ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aufal Nanda Oktova
Date Deposited: 31 Aug 2021 02:54
Last Modified: 25 Jul 2024 02:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/91109

Actions (login required)

View Item View Item