Perancangan Serial Animasi 3D Lagu Daerah Maluku

Mareta, Alisa Aliah (2021) Perancangan Serial Animasi 3D Lagu Daerah Maluku. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Laporan Final_Alisa Aliah Mareta.pdf] Text
Laporan Final_Alisa Aliah Mareta.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (6MB)
[thumbnail of Laporan Final_Alisa Aliah Mareta.pdf] Text
Laporan Final_Alisa Aliah Mareta.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Lagu daerah Indonesia, salah satunya lagu daerah Maluku saat ini sedang mengalami krisis eksistensi akibat penurunan minat oleh generasi muda yang disebabkan masuknya budaya pop modern (Prisilla, 2016). Usaha pelestarian perlu dilakukan dengan cara menumbuhkan minat dan membentuk kebiasaan mendengarkan lagu daerah sejak dini dengan menargetkan generasi muda khususnya anak-anak. Penggunaan media modern/digital berbentuk animasi berbasis 3D dinilai lebih disukai, menarik, mudah diakses di internet, dan memiliki jangkauan pasar yang luas (Alexander, 2020). Proses riset yang dilaksanakan, berturut-turut adalah studi eksperimental, wawancara mendalam, dan kuesioner. Studi eksperimental bertujuan untuk menghasilkan rancangan desain naskah, karakter, environment, storyboard, dan prototype animasi. Wawancara mendalam bersama beberapa ahli animasi bertujuan untuk mendiskusikan serta mendapatkan masukan dan koreksi atas animasi, yang akan digunakan sebagai bahan acuan perbaikan. Kuesioner sebagai alat uji prototype bertujuan untuk mendapatkan respon dan penilaian mengenai penyampaian cerita, gaya visual, karakter, dan environment animasi dari 62 target audiens berusia 6-10 tahun yang tersebar di Kota Palembang, Surabaya, dan Jakarta secara acak. Hasil dari perancangan ini adalah serial animasi lagu daerah Maluku berbasis 3D untuk anak usia 6-10 tahun, terdiri dari satu season dengan jumlah 10 episode, dan durasi selama 2-5 menit. Setiap episode dibuat tidak bersambung, dengan teknik storytelling yang menunjukkan adegan berdasarkan lirik lagu. Desain karakter dan environment dibuat sederhana dengan penggunaan warna yang colorful dan penambahan aksen kedaerahan berupa motif kain tenun Tanimbar pada pakaian untuk memperkuat kesan kedaerahan. Berdasarkan hasil riset, animasi yang dihasilkan sudah berhasil pada aspek cerita, karakter, dan environment, serta mampu menarik minat audiens untuk terus menonton kelanjutan tiap episodenya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
T Technology > TR Photography
T Technology > TR Photography > TR845 Cinematography. Video recordings.
T Technology > TR Photography > TR897.7 Computer animation
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Alisa Aliah Mareta
Date Deposited: 03 Sep 2021 07:25
Last Modified: 03 Sep 2021 07:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/91302

Actions (login required)

View Item View Item