Modifikasi Desain Sistem Ventilasi Kamar Mesin KM. Pratiwi Satu

Nugroho, Fatkhur Rohman Dwi (2021) Modifikasi Desain Sistem Ventilasi Kamar Mesin KM. Pratiwi Satu. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211940005011-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04211940005011-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (806kB) | Request a copy

Abstract

KM. Pratiwi Satu merupakan alat transportasi kapal yang dibangun oleh perusahaan kapal di China, seiring berjalannya waktu kapal ini berganti-ganti owner hingga akhirnya sekarang menjadi milik PT. SPIL yang digunakan untuk melayani pengiriman cargo di perairan Indonesia. Persyaratan teknis dalam menunjang operasional kapal salah satunya ventilasi yaitu berhubungan dengan kamar mesin, dimana temperatur ruang yang tidak boleh melebihi 45 derajat (BKI Rule,vol III, section 1). Pada KM. Pratiwi Satu ini memiliki suhu 51 °C di dalam kamar mesin dengan desain ducting dari sistem ventilasi kamar mesin. Hal ini untuk menjaga peralatan tetap bekerja secara optimal dan awak kapal yang berada di kamar mesin juga berasa nyaman. Untuk mengetahui supaya suhu lebih rendah dari suhu yang sekarang dari KM. Pratiwi Satu tersebut maka dilakukan simulasi desain serta tata letak ducting sistem ventilasi kamar mesin kapal tersebut. Simulasi dilakukan dengan pendekatan CFD (Computational Fluid Dynamic) untuk mengevaluasi sebaran temperatur dan aliran udara ventilasi di dalam kamar mesin, baik sebelum dilakukan perubahan desain ventilasi maupun sesudahnya. Alternatif modifikasi untuk desain sistem ventilasi yang disimulasikan memperoleh hasil simulasi untuk sistem ventilasi terpasang di KM. Pratiwi Satu diperoleh data distribusi temperatur rata-rata udara di dalam kamar mesin adalah sebesar 51 °C – mendekati kondisi riil di kamar mesin kapal. Sesudah diperbaiki desain ducting sistem ventilasi berupa ukuran dan tata letak dari ducting maka dengan menggunakan desain alternatif temperatur udara di kamar mesin turun menjadi rata-rata sebesar 45 °yang mana ini sudah memenuhi persyaratan. Perbedaan dari sebelum dan sesudah modifikasi desain alternatif hanya pada adanya ducting yaitu ukuran inlet ducting dan outlet ducting. Dari penelitian ini memperoleh hasil yang menunjukkan alternatif modifikasi sistem ventilasi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan temperatur udara kamar mesin KM. Pratiwi Satu.
=====================================================================================================
KM. Pratiwi Satu is ship transportation built by ship company in China, over time this ship changed owners until finally now owned to PT. SPIL is used to serve cargo shipments in Indonesian fairway. One of the technical requirements in supporting the operation of the ship ventilation is related to the engine room, where the room temperature should not exceed 45 degrees (BKI Rule, vol III, section 1). On KM. Pratiwi Satu has a temperature of 51 °C in the engine room with a ducting design of the engine room ventilation system. This is to keep the equipment working optimally and the crew in the engine room also feel comfortable. To find out so that the temperature is lower than the current temperature of KM. Pratiwi Satu was then carried out a simulation of the design and layout of the ducting system ventilation system of the ship's engine room. Simulations are conducted with a CFD(Computational Fluid Dynamic) approach to evaluate the spread of temperature and ventilation air flow in the engine room,, both before changes in ventilation design and afterwards. Alternative modifications to simulated ventilation system designs obtain simulated hasil for ventilation systems installed in KM. Pratiwi Satu obtained data on the distribution of the average temperature of air in the engine room is 51 °C – close to the real conditions in the engine room of the ship. After improving the ducting design of the ventilation system in the form of the size and layout of ducting then by using an alternative design the air temperature in the engine room drops to an average of 45 °which already meets the requirements. The difference from before and after alternative design modifications is only in the presence of ducting, namely the size of ducting inlets and outlet ducting. From this study obtained results that show alternative modifications to ventilation systems used to overcome the air temperature problem of engine rooms KM.Pratiwi Satu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CFD, Kapal Cargo, Kamar Mesin, Sistem Ventilasi, Ducting, Cargo Ship, Engine Room, Ventilation System
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM485 Cold storage on ships. Marine refrigeration.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fatkhur Rohman Dwi Nugroho
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:08
Last Modified: 03 Sep 2021 04:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/91473

Actions (login required)

View Item View Item