Optimasi Bentuk Corner Edge Bukaan Palkah Terhadap Faktor Konsentrasi Tegangan Dengan Menggunakan Metode Optimasi Sederhana

Afrianto, Yasir (2021) Optimasi Bentuk Corner Edge Bukaan Palkah Terhadap Faktor Konsentrasi Tegangan Dengan Menggunakan Metode Optimasi Sederhana. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111440000045-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04111440000045-Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of 04111440000045-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04111440000045-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Konsentrasi tegangan pada daerah corner edge bukaan palkah pada kapal kontainer dapat mengakibatkan retak atau bahkan kegagalan. Maka dari itu, untuk mencegah kegagalan dari suatu elemen atau struktur dalam perencanaannya harus mempertimbangkan tegangan yang ditimbulkan dan desain bentuk struktur agar tidak mengakibatkan konsentrasi tegangan. Pada makalah ini analisis yang dilakukan pada desain bukaan corner edge kapal kontainer bertujuan untuk mendapatkan nilai konsentrasi tegangan serta desain bentuk yang paling optimum dan menghasilkan SCF. Metode yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan analisis elemen hingga. Untuk mengecek kekuatan corner edge dilakukan dengan metode elemen hingga. Ada 5 variasi model dalam penelitian ini, radius 200, 300, 350, 450 dan 500 mm. Perhitungan numerik dilakukan dengan menggunakan metode elemen hingga. Hasil variasi 1 dengan radius 200 mm mempunyai tegangan paling besar yaitu 160,4 MPa dan tegangan terkecil berada di kondisi eksisting dengan radius 400 mm mempunyai tegangan 136,43 MPa. Dan untuk tegangan nominal dari tiap variasi model memiliki pola yang sama. Model yang memiliki tegangan nominal paling rendah adalah model pada variasi 5 dengan nilai tegangan sebesar 57,79 MPa pada perhitungan numerik dan 62,16 MPa pada perhitungan empiris. Hasil SCF didapatkan kecenderungan hasil yang sama dengan error rata-rata keseluruhan adalah 4,88 %, selisih rata-rata masih diijinkan dengan pertimbangan nilai error dibawah 5%. Dari hasil analisa yang dilakukan ditinjau dari nilai tegangan, deformasi dan nilai SCF dapat disimpulkan yang paling sesuai adalah model eksisting dengan radius 400 mm.
====================================================================================================
Stress concentration in hatch opening corner edge can lead to crack or failure. Therefore, to prevent failure of an element or structure, the planning must take account the stress generated and structure shape design so as not to cause stress concentration. In this paper, analysis carried out on containership hatch opening corner edge intending to get stress concentration value as well as the most optimum shape design and getting SCF. The method used in this research is using finite element analysis. To check the strength of corner edge, finite element method is used. There are 5 variation of models used in this research, radius 200, 300, 350, 450, and 500 mm. Numerical calculation carried out using finite element method. Result of variation 1 with radius 200 mm have the biggest stress that is 160,4 MPa and the smallest stress is in the existing condition with radius 400 mm having stress of 136,43 MPa. For the nominal stress of every models variation have the same pattern. Models wich have the least nominal stress is at the variation 5 with stress value 57,79 MPa from the numerical calculation and 62,16 MPa from the empirical calculation. SCF result obtained have average error 4.88%, average differences with error value below 5% is still permitable. From the analysis result carried out from stress value, deformation value, and SCF value can be concluded that the most suitable with the existing model is the radius 400 mm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Container ship, Corner edge, SCF, Finite element. Corner Edge, Tegangan, SCF, Elemen Hingga.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yasir Afrianto
Date Deposited: 02 Sep 2021 02:33
Last Modified: 02 Sep 2021 02:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/91496

Actions (login required)

View Item View Item