Optimasi Proses Friction Stir Welding Pada 4 Geometri Pin Dari Tool Dengan Parameter Proses Dan Sudut Bahu Cekung Dalam Penyambungan Aluminium Alloy 6005a-T6

Pontjonoto, Niko Adrisenna (2021) Optimasi Proses Friction Stir Welding Pada 4 Geometri Pin Dari Tool Dengan Parameter Proses Dan Sudut Bahu Cekung Dalam Penyambungan Aluminium Alloy 6005a-T6. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111950080001-Master_Thesis.pdf] Text
02111950080001-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pengelasan adalah salah satu proses yang sering ditemui pada beberapa industri, salah satu jenis proses pengelasan adalah Friction Stir Welding (FSW). FSW adalah proses pengelasan yang dimana proses ini dilakukan dengan pergerakan dari tool terhadap workpiece, FSW banyak ditemui pada industri kelautan, industri dirgantara, industri otomotif dan industri kereta api. Peran tool pada proses FSW sangat penting karena tool adalah bagian yang menghasilkan sebagian besar dari panas, sehingga pemilihan material dan geometri untuk tool juga penting karena tool akan menerima stress dan temperatur yang tinggi.
Penelitian ini dilakukan untuk menentukan jenis geometri pin yang terbaik dari 4 geometri pin yang telah ditetapkan, yaitu straight cylindrical, tapered cylindrical, hexagonal, dan tapered square. Proses optimasi dilakukan dengan menggunakan metode Taguchi, dimana metode ini dapat mempelajari seluruh parameter dengan variasi proses yang minimum sehingga dapat mengurangi jumlah eksperimen yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan 4 faktor dimana setiap faktor mempunyai 4 level, faktor yang digunakan adalah kecepatan rotasi tool, tilt angle, kecepatan pengelasan, dan sudut bahu cekung dengan respon yang dianalisa adalah temperatur yang terjadi pada sambungan las. Proses optimasi akan dilakukan untuk setiap geometri pin dengan faktor dan respon yang telah ditentukan, setelah itu akan dilakukan pemilihan untuk geometri pin yang terbaik.
Hasil yang ditemukan adalah bentuk pin yang paling baik dari 4 geometri yang tersebut adalah hexagonal. Pada geometri hexagonal ditemukan 1 faktor yang signifikan terhadap respon dari hasil ANOVA, faktor tersebut adalah kecepatan rotasi tool. Parameter optimum yang ditemukan adalah kecepatan rotasi tool 1208 rpm, kecepatan pengelasan 65 mm/min, tilt angle 2 ° dan sudut bahu cekung 2.5 ° dimana dengan parameter ini dapat menghasilkan maximum temperatur sebesar 322.48 °C.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: FSW; Taguchi; optimasi; geometri pin
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Niko Adrisenna Pontjonoto
Date Deposited: 04 Sep 2021 06:35
Last Modified: 04 Sep 2021 06:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/91579

Actions (login required)

View Item View Item