Pembuatan Competitive Positioning Matrix Dan Alternatif Model Bisnis Pada Rintisan Zedemy

Mufidah, Izza (2021) Pembuatan Competitive Positioning Matrix Dan Alternatif Model Bisnis Pada Rintisan Zedemy. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211740000139-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211740000139-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Zedemy (Gen Z Academy) adalah rintisan learning management system yang merupakan sebuah rintisan yang mengintegrasikan media sosial, pembelajaran sekolah, dan
keahlian. Sehubungan dengan kemunculannya, Zedemy penting
untuk memiliki strategi berkelanjutan dalam mendapatkan
keuntungan sebagai upaya pengembangan rintisan. Berdasarkan permasalahan tersebut, Zedemy menghendaki
adanya pembuatan solusi dalam upaya memperoleh
keuntungan. Dalam prosesnya, digunakan kerangka kerja yaitu 24 Steps of Successful Startup dari buku Disciplined
Entrepreneur oleh Bill Aulet.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan strategi
berkelanjutan bagi perusahaan rintisan Zedemy. Strategi
tersebut akan berorientasi terhadap informasi pelanggan
persona.. Pada awalnya peneliti melakukan penggalian
data/informasi mengenai siapakah pelanggan persona yang
digunakan dan bagaimana full use case dari proses bisnis yang Zedemy jalankan, lalu dilakukan penentuan spesifikasi, proposisi nilai, dan inti bisnis. Selanjutnya dalam proses mendapatkan strategi, analisis akan dilanjutkan dengan pembuatan detail proses pertimbangan hasil informasi persona dan pengindentifikasian aktivitas.
Hasil dari penelitian ini berupa bagan posisi kompetitif
berbentuk competitive positioning matrix dan alternatif model bisnis untuk Zedemy. Dalam rincian hasil posisi persaingan nanti akan dapat dijabarkan seperti apa kedudukan Zedemy dalam pasar e-learning yang sedang naik daun. Keluaran bagan posisi kompetitif yang dipilih nantinya berbentuk competitive positioning matrix yang merupakan sebuah alat dalam menganalisis informasi yang diperlukan dalam mengetahui keunggulan kompetitif berdasarkan faktor penentu keberhasilan. Setelah didapatkan analisis posisi kompetitif, startup dapat menyusun strategi untuk tetap bertahan jika posisinya baik dan untuk berkembang jika posisinya buruk. Strategi akan dianalisis mengenai model bisnis mana yang akan direkomendasikan kepada Zedemy sesuai dengan prioritas persona yang telah ada dan inti bisnis perusahaan yang telah ditentukan sebagai upaya mendapatkan keuntungan. Alternatif model bisnis yang akan menangkap beberapa nilai yang dibawa produk Zedemy kepada pelanggan.
================================================================================================
Zedemy (Gen Z Academy) is a pilot learning management
system that integrates social media, school learning, and
expertise. As it emerges, Zedemy is important to have a
sustainable strategy for profit as a startup development effort.
Based on these problems, Zedemy wants a solution to make a
profit. In the process, a framework is used, namely 24 Steps of
Successful Startup from the Disciplined Entrepreneur book by
Bill Aulet.
This study aims to produce a sustainable strategy for the
Zedemy startup. The strategy will be oriented towards customer
persona information. At first, the researcher conducted
data/information mining about who the customer persona was
and how the full use case of Zedemy's business processes was
carried out, then determined specifications, value propositions,
and business cores. Furthermore, in the process of getting the
strategy, the analysis will continue with the detailed process of
considering the results of persona information and identifying
activities.
The results of this study are in the form of a competitive position
in the form of a competitive positioning matrix and alternative
business models for Zedemy. In the details of the results of the
competitive positioning matrix, it will be explained what
Zedemy's position in the e-learning market is on the rise. The
output of the selected competitive position chart will be in the form of a competitive positioning matrix which is a tool in
analyzing the information needed to determine competitive
advantage based on critical success factors. After obtaining a
competitive position analysis, startups can devise strategies to
stay afloat if their position is good and to develop if their
position is bad. The strategy will be analyzed regarding which
business model will be recommended to Zedemy in accordance
with the existing persona priorities and the company's core
business that has been determined as an effort to gain profit. An
alternative business model that will capture some of the value
that Zedemy products bring to customers.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Startup, LMS, Posisi Persaingan, Model Bisnis, Zedemy
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Izza Mufidah
Date Deposited: 06 Sep 2021 19:25
Last Modified: 06 Sep 2021 19:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/91700

Actions (login required)

View Item View Item