Studi Digitalisasi Monitoring Kekuatan Struktur Model Tongkang Akibat Kondisi Trim Terhadap Variasi Pembebanan Secara Eksperimen

Hanafi, Muhammad Imam Ariq (2021) Studi Digitalisasi Monitoring Kekuatan Struktur Model Tongkang Akibat Kondisi Trim Terhadap Variasi Pembebanan Secara Eksperimen. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
04111740000010_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada era digital saat ini, dimana perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat banyak hal yang memudahkan manusia dalam mengambil data. Salah satunya monitoring structure pada kapal. Hal ini merupakan aspek yang sangat penting untuk memastikan agar kapal tidak mengalami kegagalan struktur. Tingginya resiko kecelakaan dikarenakan kegagalan struktur pada kapal mengakibatkan kerugian material yang sangat besar serta pencemaran laut. Salah satu penyebab terjadinya kegagalan struktur pada kapal adalah akibat pengaruh dari gaya statis pada kondisi trim. Dimana apabila gaya tersebut melebihi batas yang diizinkan akan mengakibatkan perubahan struktur pada kapal yang menyebabkan deformasi pada kapal. Oleh karna itu perlu dilakukan monitoring struktur pada kapal secara real time agar meminimalisir kecelakaan. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan tegangan searah memanjang dan pada bagian tengah model tongkang pada saat kondisi trim. Model tongkang memiliki ukuran panjang 120 cm, lebar 30,5 cm, tinggi 8,3 cm, dan sarat 5,9 cm. Metode yang dilakukan adalah metode secara eksperimen dan metode elemen hingga. Metode eksperimen dilakukan dengan menggunakan strain gauge untuk mengukur nilai regangan, kemudian dikonversikan ke nilai tegangan. Metode elemen hingga diawali dengan pemodelan geometri. Setelah itu dilakukan analisis tegangan pada kondisi trim searah memanjang model tongkang. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa nilai tegangan terbesar pada muatan kosong yaitu pada variasi trim 0,7cm buritan dengan nilai sebesar 0,250 MPa, sedangkan nilai tegangan terbesar pada muatan penuh yaitu pada variasi trim 0,7 cm buritan dengan nilai sebesar 1 MPa. Nilai tegangan tengah model tongkang cenderung sama, karena besarnya trim tidak terlalu mempengaruhi tegangan tengah model tongkang. ================================================================================================ In the current digital era, where technological developments are progressing very rapidly, many things make it easier for humans to retrieve data. One of them is the monitoring structure on the ship. This is a very important aspect to ensure that the ship does not experience structural failure. The high risk of accidents due to structural failure on the ship resulted in huge material losses and marine pollution. One of the causes of structural failure on ships is the effect of static forces on trim conditions. Where if the force exceeds the permissible limit will result in changes to the structure of the ship that causes deformation of the ship. Therefore, it is necessary to monitor the structure on the ship in real -time to minimize accidents. This research was conducted to determine the longitudinal direct tension and at the center of the barge model during trim conditions. The barge model has a length of 120 cm, a width of 30.5 cm, a height of 8.3 cm, and a load of 5.9 cm. The method used is the experimental method and the finite element method. The experimental method is carried out using a strain gauge to measure the strain value, then convert it to a stress value. The finite element method begins with geometric modeling. After that, a stress analysis was carried out on trim conditions in the longitudinal direction of the barge model. From this study, it was found that the greatest stress value on an empty load was in the aft trim variation of 0.7 cm with a value of 0.250 MPa, while the largest stress value at full load was in the aft trim variation of 0.7 cm with a value of 1 MPa. The value of the center stress of the barge model tends to be the same because the amount of trim does not greatly affect the center stress of the barge model.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: barge model, trim, experiment, strain gauge, finite element analysis,model tongkang, metode elemen hingga
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM156 Naval architecture
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Imam Ariq Hanafi
Date Deposited: 05 Sep 2021 13:51
Last Modified: 05 Sep 2021 13:51
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/91712

Actions (login required)

View Item View Item