Perancangan Film Pendek dan Media Sosial sebagai Media Kampanye Maskulinitas Beracun

Karim, Aprilia Annisa (2021) Perancangan Film Pendek dan Media Sosial sebagai Media Kampanye Maskulinitas Beracun. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311740000069-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08311740000069-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang mempraktikkan budaya patriarki, di mana laki-laki dianggap memiliki posisi lebih tinggi dari pada perempuan. Dalam praktiknya, laki-laki dianggap mampu melakukan banyak hal, sehingga peran penting kerap diberikan kepada laki-laki. Praktik budaya patriarki menimbulkan toxic masculinity, di mana maskulinitas dapat memberikan dampak negatif bagi laki-laki. Salah satu bentuk toxic masculinity adalah pembatasan emosi pada laki-laki, yang mana dapat berpengaruh pada kesehatan mental. Dari fenomena tersebut dibuatlah perancangan kampanye toxic masculinity dengan media film pendek dan media sosial yang ditargetkan pada masyarakat dewasa awal. Metode penelitian yang digunakan untuk perancangan ini dimulai dengan mengumpulkan data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dari wawancara dengan stakeholder, kuisioner dan FGD bersama target audiens. Sedangkan data sekunder didapatkan dari studi literatur dan esksiting. Kemudian dilakukan depth interview dengan tenaga ahli untuk mendapatkan insight media kampanye. Semua metode kemudian dianalisa untuk didapatkan konsep kampanye dan output media yang nantinya digunakan. Perancangan ini meliputi pembuatan film pendek berdurasi delapan menit sebagai media utama. Fim pendek digunakan untuk memberikan kesadaran akan adanya toxic masculinity melalui kisah keseharian laki-laki. Ada pula media pendukung berupa konten media sosial sebagai penyampaian informasi kampanye. Dampak dari perancangan ini diharapkan dapat menantang toxic masculinity dengan menciptakan kesadaran pada masyarakat dewasa awal, khususnya laki-laki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: film pendek, media sosial, kampanye, toxic masculinity, short movie, social media, campaign, toxic masculinity.
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aprilia Annisa Karim
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:53
Last Modified: 08 Sep 2021 02:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/91833

Actions (login required)

View Item View Item