Implementasi Ad-hoc On Demand Vector (AODV) Berdasarkan Faktor Kecepatan Dan Arah Di Lingkungan VANETs

Janardana, Andrea Prahita and Anggoro, Radityo (2022) Implementasi Ad-hoc On Demand Vector (AODV) Berdasarkan Faktor Kecepatan Dan Arah Di Lingkungan VANETs. Implementasi Ad-hoc On Demand Vector (AODV) Berdasarkan Faktor Kecepatan Dan Arah Di Lingkungan VANETs. (Unpublished)

[img] Text
05111540000047-Andrea-Prahita-Janardana-POMITS.docx.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy

Abstract

Teknologi internet saat ini dapat digunakan sebagai suatu pemecahan suatu masalah. Contoh perkembangannya adalah jaringan nirkabel ad-hoc. Seperti contohnya proses penentuan rute perjalanan berhubungan dengan rute pengiriman data informasi dalam jaringan internet. Untuk melakukan pemecahan permasalahan hal tersebut dapat memanfaatkan teknologi jaringan Ad-Hoc yang mana mendasari pembuatan Vehicular Ad-Hoc Networks (VANETs). Vehicular Ad hoc Networks (VANETs) merupakan pengembangan dari Mobile Ad hoc Network (MANET) dimana node memiliki karakteristik dengan mobilitas yang sangat tinggi dan terbatas pada pola pergerakannya. Ada banyak routing protocol yang dapat diimplementasikan pada VANETs, salah satunya adalah Ad hoc On demand Distance Vector (AODV). AODV merupakan salah satu routing protocol yang termasuk dalam reactive routing protocol, sebuah protokol yang hanya akan membuat rute ketika node sumber membutuhkannya. AODV memiliki dua fase, yaitu route discovery dan route maintenance. Route discovery digunakan untuk meminta dan meneruskan informasi rute yang terdiri dari proses pengiriman Route Request (RREQ) dan Route Reply (RREP), sedangkan route maintenance digunakan untuk mengetahui informasi adanya kesalahan pada rute. Pada fase ini terdapat proses pengiriman Route Error (RERR). Pada kinerja AODV, pemilihan rute yang stabil saat proses pencarian rute diperlukan untuk memperpanjang waktu penggunaan node. Seperti contohnya ketika tiap node melakukan broadcast paket RREQ, hal tersebut membutuhkan delay yang lama dan resource yang banyak saat pengiriman. Hal tersebut berpengaruh pada tingkat kestabilan rute dan rentan terputus yang mengakibatkan paket yang dikirim berkurang. Makalah ini mengimplementasikan algoritma AODV berdasarkan faktor kecepatan dan arah dalam menentukan pemilihan node. Dari hasil uji coba, AODV yang dimodifikasi pada skenario grid rata-rata Packet Delivery Ratio (PDR) turun sebanyak 1,54%, Delay naik hingga 125,63% dan penurunan nilai rata-rata Routing Overhead (RO) hingga 70,01%. Sedangkan pada skenario real nilai rata-rata Packet Delivery Ratio (PDR) turun hingga 14,43%, menurunkan Delivery Delay hingga 13,74% dan penurunan nilai rata-rata Routing Overhead (RO) hingga 65,61%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: VANETs, AODV, Node Degree Clustering, Node Tetangga
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Andrea Prahita Janardana
Date Deposited: 08 Feb 2022 01:08
Last Modified: 08 Feb 2022 01:08
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/92972

Actions (login required)

View Item View Item