Perancangan Penampungan Kucing dengan Pendekatan Arsitektur Naratif

Aini, Puitika Aisyah (2022) Perancangan Penampungan Kucing dengan Pendekatan Arsitektur Naratif. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Laporan Tugas Akhir_Puitika Aisyah Aini_08111640000047.pdf] Text
Laporan Tugas Akhir_Puitika Aisyah Aini_08111640000047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sama seperti hewan domestik lainnya, kucing domestik sudah sewajarnya hidup berdampingan dengan manusia. Namun, karena jumlahnya yang terlampau banyak hingga menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat dan lingkungan, tidak jarang kucing-kucing ini berakhir menjadi korban kekerasan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan kucing domestik adalah dengan membangun penampungan kucing. Tujuan dari pembangunan penampungan kucing ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan kucing domestik dengan turut mengikutsertakan serta mengedukasi masyarakat umum.
Pendekatan yang digunakan dalam perancangan penampungan kucing ini adalah pendekatan arsitektur naratif dimana narasi memberikan ‘keberadaan lain’ yang sejajar dengan fungsi dari sebuah objek. Narasi yang ingin dibentuk adalah “kucing adalah teman, bukan mainan atau pajangan” yang diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap kucing domestik. Narasi tersebut diimplementasikan dengan cara menganalogikan tahapan pertemanan ke dalam elemen desain dan memperkenalkan kucing kepada pengunjung yang datang secara perlahan.
================================================================================================
Just like other domestic animals, domestic cats naturally live side by side with humans. However, because of their overwhelming numbers more often than not have a negative impact on the society and the environment, thus it is not uncommon for these cats to end up being victims of violence. One of the efforts made to improve the welfare of domestic cats is to build cat shelters. The purpose of this shelter is to improve the welfare of domestic cats by involving and educating the general public to care more about the welfare of domestic animals, in this case, cats.
The approach used in the design of this cat shelter is a narrative architectural approach where the narrative provides an 'other existence' that is parallel to the function of an object. The narrative used in the design process is "cats are friends, not toys or displays" which are expected to foster public awareness of domestic cats. The narrative is implemented by analogizing the stages of friendship into design elements and introducing cats to visitors who come slowly.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: narasi, urutan, penampungan, hewan domestik, narration, sequence, shelter, domestic animal
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2750 Architectural design.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Puitika Aisyah Aini
Date Deposited: 10 Feb 2022 04:36
Last Modified: 31 Oct 2022 01:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/93432

Actions (login required)

View Item View Item