Desain Interior Fasilitas Desa Wisata Pentingsari Creative Hub. Berkonsep Pariwisata Keberlanjutan

Falihah, Jilan (2022) Desain Interior Fasilitas Desa Wisata Pentingsari Creative Hub. Berkonsep Pariwisata Keberlanjutan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 084117400000029-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
084117400000029-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam dan budaya jelas menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik domestik dan mancanegara. Banyak lokasi yang memiliki potensi besar baik dalam segi keindahan panorama alam, keunikan budaya dan adat setempat yang masih di lestarikan oleh penduduk sekitar yang menjadi magnet bagi pengunjung. Karena itu desa wisata merupakan salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi.
Desa wisata memiliki banyak bentuk, baik dari segi struktural, interaksi wisatawan, dan fisiknya, karena itu sulit bagi pemerintah untuk mengelola desa wisata dengan maksimal tanpa merusak kekayaan khas daerah tersebut. Lingkungan jika dilihat dari segi ekologi adalah suatu hubungan timbal balik dan intraksi antar manusia dengan alam sekitarnya serta dampak yang terjadi dari interaksi tersebut, banyaknya wisatawan domestik dan mancanegara dapat menimbulkan perubahan. Perubahan itu akibat suatu interaksi antara wisatawan, masyarakat dan alam itu sendiri dalam dimensi sosial, budaya dan ilmu pengetahuan. Daya dukung lingkungan sangat mempengaruhi bentuk dan tujuan pariwisata, meliputi: wilayah (abiotik), potensi sumber daya alam (biotic) dan sikap prilaku masyarakat (culture) serta ada tidaknya suatu keunikan.
Perubahan itu bisa berdampak positif dan juga bisa berdampak negative. Dampak positif dari pariwisata seperti: meningkatkan devisa Negara, meningkatkan perekonomian masyarakat, terjadi arus informasi dan teknologi, menstimulasi sektor yang lain. Dampak negatif pariwisata seperti: pergabungan budaya, pergeseran budaya, konsumerisme masyarakat, pengelolaan yang tidak sesuai, alih fungsi lahan, dan pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Desa Wisata, Pariwisata Keberlanjutan, wisatawan
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2542.36 Sustainable architecture
N Fine Arts > NA Architecture > NA7820 Hotels. Inns. Hotel lobbies For resorts
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115.5.F77 Furniture
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2195.V34 Vacation homes. Resort houses. Summerhouses
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: jilan falihah
Date Deposited: 10 Feb 2022 08:12
Last Modified: 31 Oct 2022 03:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/93644

Actions (login required)

View Item View Item