Perencanaan Kebutuhan Pedestrian Pada Ruas Jalan Panca Usaha-Kota Mataram

Perwira, Wilyan Bayu Dwi (2021) Perencanaan Kebutuhan Pedestrian Pada Ruas Jalan Panca Usaha-Kota Mataram. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111840000132_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111840000132_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Jalur pejalan kaki atau trotoar menurut Undang-Undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 45 ayat (1) menyebutkan bahwa “pejalan kaki berhak atas ketersediaan fasilitas pendukung yang berupa trotoar, tempat penyeberangan, dan fasilitas lain”. Pada ruas Jl. Panca Usaha, Cakranegara, daerah tersebut merupakan pusat perkotaan sekaligus banyak terdapat pertokoan, jalan menuju perhotelan dan akses menuju mataram mall. Bersumber pada kondisi eksisting, Saat ini pada ruas jalan tersebut masih belum memiliki trotoar sebagai penunjang kebutuhan pejalan kaki atau pedestrian. Hal tersebut mengakibatkan pejalan kaki harus berjalan pada jalur yang tidak semestinya. Untuk menciptakan rasa nyaman dan aman bagi pejalan kaki pada daerah tersebut maka harus dipenuhinya pelayanan pedestrian. Dengan dibuatnya terotoar atau terlayaninya kebutuhan pedestrian yang tepat dapat mempengaruhi kelancaran serta keamanan berlalu lintas pada ruas tersebut.
Dari kondisi eksisting tersebut maka, perlu dilakukan analisis terhadap fasilitas kebutuhan pejalan kaki. Analisis yang di gunakan merujuk pada “Pedoman Teknik Persyaratan Aksesibilitas Pada Jalan Umum, Departemen Pekerjaan Umum, 1999” dan referensi lainnya. Untuk memperoleh data-data primer yang diperlukan maka harus dilakukan survey terhadap data volume pejalan kaki, volume penyeberangan jalan, volume lalu lintas, fasilitas pelengkap pejalan kaki dan lebar efektif dari perencanaan trotoar sedangkan data- data sekunder dapat dilihat dari peta land use yang ada dan peta lokasi.
Dari hasil analisa dan perhitungan yang telah dilakukan, perhitungan volume maksimum dengan menggunakan analisa regresi liniear model greenshield pada setiap titik pengamatan pada weekdays dan weekend. Volume maksimum yang paling besar ada pada STA 1+350 yaitu 47 ped/mnt/m. Volume rata – rata per menit pada interval puncak V= 5 org/mnt/m. Sedangkan untuk tingkat pelayanan trotoar yang di dapat dengan menggunakan metode HCM, terdapat 2 tipe level of service yaitu A dan B, pada perencanaan trotoar didapatkan lebar efektif terbesar pada STA 1+100 terdapat pada ruas kanan 3 m, memiliki Vp atau volume per menit sebesar 20 ped/menit/meter, dengan kualitas level of service B. Dan Pada perencanaan fasilitas penyeberangan didapatkan 1 variasi tipe jenis fasilitas penyeberangan pada segmen yang telah direncanakan, variasi tersebut merupakan pelican.
================================================================================================
Pedestrian lanes or sidewalks according to Law No. 22 of 2009 on Traffic and Road Transport article 45 paragraph (1) states that "pedestrians are entitled to the availability of supporting facilities in the form of sidewalks, crossings, and other facilities". On JL. Panca Usaha, Cakranegara, the area is an urban center as well as many shops, roads to hospitality, and access to Mataram mall. Sourced from existing conditions, currently on the road still does not have a sidewalk as support for pedestrian or pedestrian needs. This causes pedestrians to walk on undue paths. To create a sense of comfort and safety for pedestrians in the area, pedestrian services must be fulfilled. The creation of muscular or underserved needs of the right pedestrian can affect the smoothness and safety of traffic on the section.
From the existing conditions, it is necessary to analyze pedestrian needs facilities. The analysis refers to the "Technical Guidelines for Accessibility Requirements on Public Roads, Department of Public Works, 1999" and other references. To obtain the necessary primary data, a survey of pedestrian volume data, road crossing volume, traffic volume, pedestrian complementary facilities, and effective width of sidewalk planning while secondary data can be seen from existing land use maps and location maps.
From the results of the analysis and calculations that have been done, the maximum volume calculation using the greenshield model's linear regression analysis at each point of observation on weekdays and weekends. The largest maximum volume is at STA 1+350 at 47 ped/min/m. Average volume per minute at peak interval V= 5 org/min/m. As for the level of sidewalk service that can be used by using the HCM method, there are 2 types of level of service, namely A and B, in sidewalk planning obtained the largest effective width at STA 1 + 350 found on the right side of 3 m, has a Vp or volume per minute of 20 ped/minute/meter, with the quality of service level B. And in the planning of crossing facilities obtained 1 types of crossing facilities in the segment that has been planned, the variation is pelican.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pedestrian, Trotoar, Fasilitas Kebutuhan Pedestrian, Pedoman Teknik Persyaratan Aksesibilitas Pada Jalan Umum Departemen Pekerjaan Umum 1999,Pedestrian, Sidewalk, Pedestrian Needs Facility, Technical Guidelines for Accessibility Requirements on Public Roads Department of Public Works 1999.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Wilyan Perwira
Date Deposited: 11 Feb 2022 01:50
Last Modified: 11 Feb 2022 01:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/93663

Actions (login required)

View Item View Item