Rancang Bangun Prototipe Regenerative Swing Arm Pada Scooter

Suryana, Bayu Mega (2021) Rancang Bangun Prototipe Regenerative Swing Arm Pada Scooter. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111640000067-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02111640000067-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Menurut the official U.S. government source for fuel economy information, hanya sekitar 12%-30% energi yang digunakan untuk menggerakkan kendaraan dan sisanya terbuang begitu saja. Selebihnya, 30-37% energi hilang dalam bentuk heat loss oleh gas buangan dan konveksi, 25-33% energi hilang dalam bentuk disipasi panas dalam proses pendinginan dan 33-40% energi hilang dalam bentuk mechanical losses. Rendahnya efisiensi dari pemanfaatan energi hasil pembakaran pada kendaraan mendorong dilakukannya penelitian yang berfokus pada energy harvesting. Untuk memanfaatkan kembali energi getaran yang hilang pada sistem suspensi, berbagai penelitian telah dilakukan dalam mengembangkan shock absorber menjadi Regenerative Shock Absorber (RSA) pada suspensi belakang kendaraan.
Pada proposal tugas akhir ini, dilakukan perancangan, pembuatan dan eksperimen sebuah RSA model swing-arm dengan spur gear pada test bench untuk memanfaatkan energi terbuang pada bagian suspensi dengan cara memanfaatkan gerak translasi naik-turun pada swing-arm. Selanjutnya gerakan naik turun ini akan memutar gear A dan akan diteruskan ke transmisi yang berfungsi sebagai penyearah arah putar dengan adanya one way clutch untuk menggerakkan generator RSA sehingga generator menghasilkan listrik, selanjutnya listrik yang dihasilkan akan disimpan untuk menyuplai kebutuhan energi pada skuter listrik. Pengujian dilakukan pada 2 variasi massa unbalan yakni massa unbalan 800 gr dan massa unbalan 1200 gr dengan variasi frekuensi 9 Hz, 12 Hz dan 15 Hz pada sistem suspensi Test Bench.
Pada penelitian ini telah dirancang dan direalisasikan RSA untuk swingarm skuter elektrik yang mampu menghasilkan RMS tegangan dan daya paling besar dengan nilai0,00042 V dan 1,82E-08 W pada frekuensi 15 hrtz 15 ohm dengan massa unbalance 1200 gr, dan yang paling kecil 0,000165 Volt dan 2,66E-09 Watt pada 9 hrtz 20 ohm dengan massa unbalance 800 gr. Sedangkan percepatan paling besar pada RSA sebesar 1,029718 m/s2 pada variasi masa unbalans 1200 gr dengan frekuensi 15 hz dengan hambatan 15 ohm, dan yang paling kecil sebesar 0,445265 m/s2 pada RSA terjadi saat menggunakan massa unbalans 1200 gr dengan frekuensi 9 hz dengan hambatan 15 ohm.
================================================================================================
According to the official U.S. government source for fuel
economy information, only about 12%-30% of energy is used to
drive vehicles and the rest is wasted. The rest, 30-37% of energy is
lost in the form of heat loss by exhaust gases and convection, 25-
33% of energy is lost in the form of heat dissipation in the cooling
process and 33-40% of energy is lost in the form of mechanical
losses. The low efficiency of the use of energy from combustion in
vehicles encourages research that focuses on energy harvesting.
To recover the vibration energy lost in the suspension system,
various studies have been carried out in developing a shock
absorber into a Regenerative Shock Absorber (RSA) in the rear
suspension of the vehicle.
In this final project, design, manufacture and
experimentation of an RSA swing-arm model with spur gear on a
test bench is carried out to utilize the wasted energy in the
suspension by utilizing the up-and-down translational motion of
the swing-arm. Furthermore, this up and down motion will rotate
gear A and will be forwarded to the transmission which functions
as a rotary rectifier with a one way clutch to drive the RSA
generator so that the generator produces electricity, then the
electricity generated will be stored to supply the energy needs of
the electric scooter. Tests were carried out on 2 variations of
unbalance mass, namely 800 g of unbalance mass and 1200 g of
unbalance mass with a frequency variation of 9 Hz, 12 Hz and 15
Hz on the Test Bench suspension system.
In this research, RSA has been designed and made for
electric scooter swingarm which is capable of producing the
largest RMS voltage and power with values of 0.00042 V and
1.82E-08 W at a frequency of 15 hrtz 15 ohms with an unbalance
mass of 1200 gr, and the smallest is 0. ,000165 Volts and 2.66E-09
Watts at 9 hrtz 20 ohms with an unbalance mass of 800 gr. While
the greatest acceleration at RSA is 1.029718 m/s2 at a variation of
the unbalance mass of 1200 gr with a frequency of 15 Hz with a
resistance of 15 ohms, and the smallest at 0.445265 m/s2 at RSA
occurs when using an unbalance mass of 1200 gr with a frequency
of 9 Hz with a resistance of 15 ohms.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Regenerative swingarm, Swing arm, Energy harvesting, regenerative shock absorber
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction.
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Bayu Mega Suryana
Date Deposited: 14 Feb 2022 05:15
Last Modified: 14 Feb 2022 05:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/93780

Actions (login required)

View Item View Item