Modifikasi Desain Jembatan Gumayang Tol Semarang - Demak STA 19+600 menggunakan Sistem Jembatan Busur Box Baja

Yuda, Dwiky Krisma (2022) Modifikasi Desain Jembatan Gumayang Tol Semarang - Demak STA 19+600 menggunakan Sistem Jembatan Busur Box Baja. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111710013014-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10111710013014-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (24MB) | Request a copy

Abstract

Jembatan Gumayang terletak pada Jalan Tol Semarang-Demak STA 19+600. Jembatan ini merupakan jembatan beton pratekan dengan panjang total 125 m dan terbagi menjadi 3 bentang dengan panjang bentang masing - masing 31 meter, 47 meter, dan 47 meter serta lebar lantai kendaraan jembatan 35 m. Struktur atas Jembatan Gumayang ditopang oleh 2 pilar pada bagian tepi sungai dan 2 pilar pada bagian bibir sungai. Dalam perencanaan ini, Jembatan Gumayang dimodifikasi menggunakan konstruksi Steel Box Through Arch dengan menghilangkan 2 pilar yang ada pada bibir sungai. Material yang menyusun struktur busur yaitu dengan menggunakan box baja, gelagar menggunakan profil baja IWF, kabel penggantung dan angkurnya menggunakan BRIDON Galvanized Structural Strand, serta lantai kendaraan berupa beton bertulang. Perhitungan yang dilakukan dalam perencanaan ini menggunakan peraturan SNI 1725:2016 tentang pembebanan jembatan, SNI 2833:2016 tentang peraturan gempa pada jembatan, RSNI T-03-2005 tentang perencanaan struktur baja pada jembatan, RSNI T-12-2004 tentang peraturan struktur beton pada jembatan, dan peraturan lain yang berkaitan dengan perencanaan jembatan baja. Perencanaan ini juga menggunakan program bantu yaitu menggunakan SAP2000 untuk analisa struktur primer dan struktur sekunder. Selain perhitungan struktur primer dan struktur sekunder juga dilakukan perhitungan berupa stabilitas jembatan yang dikontrol dengan menggunakan analisa dinamis yang meliputi analisa aerodinamis untuk beban angin dan analisa gempa dinamis untuk beban gempa. Dari hasil perhitungan didapatkan dimensi struktur penyusun lantai kendaraan, struktur pelengkung/busur, penggantung busur, sambungan, abutment, dan pondasi. Hasil perhitungan dituangkan dalam bentuk gambar teknik menggunakan program bantu AutoCAD. Diharapkan dengan adanya modifikasi desain dengan menggunakan Sistem Box Baja ini dapat menjadi sebuah solusi perencanaan jembatan yang kuat, efisien, dan memiliki nilai estetika yang tinggi.
================================================================================================
The Gumayang Bridge is located on the Semarang-Demak Toll Road
STA 19+600. This bridge is a prestressed concrete bridge with a total
length of 125 m and is divided into 3 spans with a span of 31 meters, 47
meters, and 47 meters respectively and a bridge floor width of 35 m. The
superstructure of the Gumayang Bridge is supported by 2 pillars on the
river bank and 2 pillars on the river bank. In this plan, the Gumayang
Bridge uses a Steel Box Through Arch construction by removing 2
pillars on the riverbank. Steel boxes, girders made of WF steel profiles,
hanging cables and anchors made of BRIDON Galvanized Structural
Strand, and reinforced concrete vehicle flooring make up the arc
structure.
The calculations in this plan are based on SNI 1725:2016
regulations for bridge loading, SNI 2833:2016 regulations for
earthquakes on bridges, RSNI T-03-2005 regulations for steel structure
planning on bridges, RSNI T-12-2004 regulations for concrete structures
on bridges, and other regulations for steel bridge design. This design
also utilizes the usage of an auxiliary tool, SAP2000, to analyze the
major and secondary structures. In addition to the primary and
secondary structural calculations, a controlled evaluation utilizing
dynamic analysis is carried out, which comprises aerodynamic analysis
for wind loads and dynamic analysis for seismic loads.
From the calculation results, the dimensions of the vehicle
structure, arch/arc structures, bow hangers, connections, abutments, and
foundations are obtained. The results are presented as technical
drawings created with the AutoCAD program. It is hoped that the
modification of the design using the Steel Box System would result in a
bridge planning solution that is strong, efficient, and appealing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jembatan Busur, Box Baja, Through Arch, SAP2000, Struktur Atas, Struktur Bawah, Estetika
Subjects: Q Science > QE Geology > QE601 Geology, Structural
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA658 Structural design
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA660.F7 Structural frames.
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 TG300 Bridges--Design and construction.
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4)
Depositing User: Dwiky Krisma Yuda
Date Deposited: 16 Feb 2022 03:53
Last Modified: 16 Feb 2022 03:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/94074

Actions (login required)

View Item View Item