Laporan Kerja Praktik “Proyek Pembangunan RS Royal Extension PT. Tatamulia Nusantara Indah”

Maulana, Mario and Nadhir, Thobi Sibli (2021) Laporan Kerja Praktik “Proyek Pembangunan RS Royal Extension PT. Tatamulia Nusantara Indah”. Project Report. [s.n], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 03111840000133_03111840000056-Project_Report.pdf]
Preview
Text
03111840000133_03111840000056-Project_Report.pdf - Accepted Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pembangunan infrastruktur untuk sarana publik di negara berkembang seperti Indonesia akhir – akhir ini terus digiatkan demi menunjang kemajuan suatu negara. Pembanngunan dalam hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan membangun berbagai sarana dan asset penunjang dalam kehidupan bermasyarakat. Pembangunan sarana kesehatan merupakan bagian dari pembangunan nasional. Pembangunan ini tidak hanya muncul di kota – kota besar di Indonesia saja, namun juga diberbagai wilayah lainnya.
Di era globalisasi yang terjadi saat ini, setiap individu tidak hanya dituntut belajar hanya dengan teori saja, melainkan setiap individu juga harus dituntut untuk belajar di lapangan. Oleh karena itu kami sebagai mahasiswa mendapatkan mata kuliah “Kerja Praktek”. Kerja Praktek minimal dilaksanakan selama 2 bulan / 200 jam. Kerja praktek ini bertujuan untuk syarat kelulusan untuk mata kuliah serta mempelajari apa yang tidak didapat saat bangku kuliah. Dalam proyek yang kami jalankan untuk Kerja Praktek, proyek tersebut mengerjakan proyek pembangunan gedung Rumah Sakit Royal Surabaya.
Pembangunan Rumah Sakit Royal Surabaya yang berlokasi di Jalan Rungkut Industri Surabaya. Merupakan suatu sarana kesehatan bagi masyarakat di daerah Surabaya dan sekitarnya. Pembangunan gedung ini bertujuan untuk meningkatkan sarana kesehatan di Surabaya dan sekitarnya. Pada proyek pembangunan gedung ini termasuk konstruksi bangunan 7 lantai (6 lantai + 1 atap) yang menggunakan pondasi dalam.
Didalam suatu proyek konstruksi, pondasi adalah salah satu hal yang paling penting dikarenakan berfungsi untuk meneruskan beban struktur di atasnya ke lapisan tanah di bawahnya. Setiap pondasi harus mampu mendukung beban sampai batas keamanan yang telah ditentukan, termasuk mendukung beban maksimum yang mungkin terjadi. Jenis yang sesuai dengan tanah pendukung yang terletak pada kedalaman 10 meter di bawah permukaan tanah adalah pondasi tiang pancang. Melalui observasi lapangan dan kajian awal seperti karakteristik tanah, beban struktur atas dan lingkungan sekitar proyek, maka pada pembangunan Rumah Sakit Royal Surabaya digunakan pondasi tiang pancang. Maka dari itu kami tertarik mengambil topik pembahasan “Pondasi dan Struktur atas” sebagai laporan Kerja Praktek.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Konstruksi, Gedung Bertingkat, Kontraktor
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Thobi Sibli Nadhir
Date Deposited: 17 Feb 2022 09:11
Last Modified: 10 Apr 2023 01:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/94176

Actions (login required)

View Item View Item