Analisis Dan Tantangan Manajemen Proses Bisnis Di Lingkungan Startup (Studi Kasus Startup Kesehatan)

Rentio, Ivan Althirafi (2022) Analisis Dan Tantangan Manajemen Proses Bisnis Di Lingkungan Startup (Studi Kasus Startup Kesehatan). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211740000132-Undergraduate_Thesis.docx] Text
05211740000132-Undergraduate_Thesis.docx - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 1 April 2024.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of 05211740000132-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211740000132-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Potensi perkembangan pengguna internet di Indonesia yang semakin bertambah dari tahun ketahun menjadikannya sebagai lahan basah untuk mendirikan startup atau perusahaan rintisan. Kemunculan pandemi Covid-19 membuat aktivitas masyarakat menjadi serba digital, hal ini mendorong derasnya perkembangan perusahaan rintisan di Indonesia terutama di bidang kesehatan. Problematika yang dihadapi oleh perusahaan rintisan yang baru berdiri adalah banyaknya tantangan dan batasan yang ada dalam melakukan manajemen proses bisnis seperti pada jumlah tenaga kerja yang terbatas serta kebutuhan utama untuk berkembang dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu aktivitas yang dilakukan di dalam perusahaan menjadi sangat dinamis, tidak seperti pada perusahaan konvensional dimana peran dari setiap tenaga kerja dan proses bisnis yang menjadi tanggung jawabnya sudah didefinisikan dengan jelas.
Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana startup menjalankan proses bisnisnya serta tantangan yang sering dihadapi dalam melakukan manajemen proses bisnis, serta dapat memberikan rekomendasi faktor-faktor yang penting untuk diperhatikan dalam menyeimbangkan kelincahan dengan transparansi perkembangan bisnis pada startup.
Metode yang digunakan adalah metode studi kasus menggunakan grounded theory dimana dua perusahaan startup yang berada pada tahap perkembangan yang sama akan diteliti. Penelitian ini menganalisis hasil wawancara dengan pendiri startup dengan open coding, axial coding dan selective. Kemudian perkembangan, proses bisnis dan manajemen proses bisnis untuk setiap tahapan perkembangan startup dipetakan sejak awal berdiri sampai saat ini. Hasil dari penelitian tugas akhir ini adalah teori bahwa startup mengelola proses bisnis berdasarkan siklus eksperimen berkelanjutan dengan 3 tahapan utama yaitu, tahap pengembangan awal, tahap pengukuran perkembangan, dan tahap pembelajaran
============================================================
======================================
The potential development of internet users in Indonesia, which is increasing from year to year, makes the internet a wetland for establishing startups or start-up companies. The emergence of the Covid-19 pandemic has made people's activities became all digital, this has encouraged the rapid development of startup companies in Indonesia, especially in the health sector. The problems faced by new start-ups are the challenges and limitations that exist in carrying out process management such as the limited number of workers and the main need to develop in a short time. Therefore, the activities carried out within the company are very dynamic, unlike in conventional companies where the roles of each workforce and business processes are clearly defined.
The purpose of this final project is to find out how startups run their business processes and the challenges that are often faced in carrying out management processes, and can provide recommendations for important business factors to consider in balancing agility with transparency in business development at startups.
The method used is a case study method using Grounded Theory where two startup companies that are at same stages of development will be investigated. This research will use interviews with startup founders who will then develop the startup from its inception and business processes and business process management for each stage of development. The result of this research study is found the theory that startups manage business processes based on a continuous experimental cycle with 3 main stages, namely, the initial development stage, the development measurement stage, and the learning stage.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: startup, business process management, grounded theory
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD38.7 Business intelligence. Trade secrets
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.5 New business enterprises. Business incubators.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ivan Althirafi Rentio
Date Deposited: 18 Feb 2022 02:10
Last Modified: 02 Nov 2022 01:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/94257

Actions (login required)

View Item View Item