Model Pengembangan Infrastuktur Transportasi Laut Dalam Konteks Sustainable Development Goals (SDGs)

Samudro, Agung (2022) Model Pengembangan Infrastuktur Transportasi Laut Dalam Konteks Sustainable Development Goals (SDGs). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
04411640000025-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 March 2024.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai salah satu provinsi yang paling berkembang di Pulau Kalimantan, Kalimantan Timur masih belum sepenuhnya dapat memenuhi target yang ditetapkan dalam penerapan sustainable development goals (SDGs), khususnya pembangunan sektor transportasi. Indikator yang belum mencapai nilai baik ada 3 (tiga), yaitu, pengurangan korban kecelakaan lalu lintas, penurunan kualitas jalan, dan alih fungsi lahan hijau. Nilai indikator yang belum mencapai target tersebut, memerlukan solusi untuk mengurangi ketimpangan yang ada di darat. Pemanfaatan daerah aliran sungai (DAS) untuk angkutan diharapkan dapat mengatasi permasalahan sebagaimana yang ditunjukan oleh 3 (tiga) indikator di atas. Oleh karena itu, Tugas Akhir ini bertujuan untuk membuat suatu model pengembangan infrastuktur transportasi sungai dan pola operasinya dalam konteks meningkatkan nilai program SDGs dengan memanfaatkan angkutan sungai, khususnya DAS Mahakam. Dengan memperhatikan daerah yang dilewati Sungai Mahakam, wilayah operasi dibagi menjadi 5 (lima), yaitu, Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Mahakam Ulu. Pola operasi dirancang dengan asumsi bahwa moda transportasi sungai beroperasi tidak lebih dari 12 jam. Dengan metode permutasi yang memperhatikan biaya total/tahun yang paling minimum, diperoleh bahwa pola operasiyang paling sesuai adalah multiport. Hasil dari pengoperasian angkutan sungai tersebut menunjukkan terjadi penurunan jumlah korban kecelakaan jalan raya. Nilai korelasi pertumbuhan jumlah kendaraan darat dengan kenaikan jumlah penduduk setelah pengoperasian angkutan sungai tersebut bervariasi. Wilayah 1 memiliki korelasi tertinggi (1), yang di susul oleh Wilayah 2&3 (0,7). Sedangkan yang terendah diberikan oleh Wilayah 4 (0,1). Dua butir tujuan yang lain (3.6 dan 9.1) sepenuhnya tercapai pada yahun 2030. ==================================================================================================== As the most developed province in Kalimantan, has not yet achieved some targets set by Sustainable Development Goals (SDGs), particularly in transportation sector. Three (3) aspects that have low scores are (i) victims of road traffic accident reduction, (ii) road quality degradation, and (iii) green area conversion. In order to overcome the bad impact of these aspect, this Final Project aims to develop a model for Mahakam River transportation infrastructure in order to increase SDGs score. By considering area crossed by Mahakam River, operating region in which the river transportation will be developed, can be divided into 5 (five), that is, City of Samarinda, Kutai Kertanegara Regency, West Kutai Regency, East Kutai Regency, and Mahakam Ulu Regency. The operational pattern of the proposed transportation system is based on the assumption that the river transportation mode will not operated more than 12 hours. By applying permutation method which considers minimum annual total costs, it is found that multiport is the most suitable one. This will reduce the number of road traffic accident victims. Correlation values between the increasing rate of the road vehicle with the population growth rate after the utilizatin of the river transportation infrastructure vary widely. Region 1 has the highest score (1), followed by Reqion 2 and 3 (0.7). Region 4 gives the lowest (0.1). Two other aspects (3.6 dan 9.1) will be fully obtained in 2030.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: SDGs, Multiport, Korelasi, Permutasi, SDGs, Multiport, Correlation, Permutation.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM381 Passenger ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Agung Samudro
Date Deposited: 17 Feb 2022 02:16
Last Modified: 17 Feb 2022 02:16
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/94353

Actions (login required)

View Item View Item