Analisis Parameter Akustik Ruang (Room Acoustic) Untuk Ruang Auditorium Dan Ruang Latihan (Rehearsal Room) Pada Penggunaan Penampilan Piano Klasik Solo

Malahayati, Febrina (2022) Analisis Parameter Akustik Ruang (Room Acoustic) Untuk Ruang Auditorium Dan Ruang Latihan (Rehearsal Room) Pada Penggunaan Penampilan Piano Klasik Solo. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 01111740000096-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
01111740000096-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis parameter akustik ruang yang digunakan untuk pertunjukan piano klasik solo. Penelitian dilakukan di dua ruangan yang berbeda yaitu ruang latihan (rehearsal room) di Universitas Pelita Harapan (UPH) Tangerang dan di Auditorium Harry-Jusuf Universitas Prasetya Mulya (PrasMul) Tangerang Selatan. Hal utama yang ditinjau dari parameter akustik yang diteliti adalah karakteristik ruangan bila digunakan untuk penampilan piano klasik solo. Parameter akustik yang dianalisis pada penelitian ini antara lain Reverberation Time (RT60), Clarity 80 (C80), Definition 50 (D50), Early Support (STearly) dan Late Support (STlate). Analisa didasarkan pada ISO 3382-1:2009 tentang pengukuran parameter akustik di ruang pertunjukan. Pengukuran yang dilakukan pada rehearsal room di UPH adalah pengukuran RT, dan pengukuran yang dilakukan pada Auditorium Harry-Jusuf (PrasMul) adalah pengukuran RT dan Impulse Response (IR) untuk mendapatkan nilai C80, D50, STearly, dan STlate. Pengolahan data yang dilakukan dalam mengolah IR dengan menggunakan software Sound Analyzer untuk menentukan nilai C80 dan D50 dan software MATLAB R2018b untuk menentukan nilai STearly, dan STlate. Setelah data diolah, data dianalisis baik dari nilai parameter akustik, bentuk IR dan sound envelope sebagai karakteristik alat musik piano. Dari semua pengukuran yang dilakukan, nilai RT yang didapatkan pada rehearsal room UPH memiliki rata-rata 0,57 s dan nilai RT yang didapatkan pada Auditorium Harry-Jusuf PrasMul memiliki rata-rata 1,33 s. Kemudian dari pengolahan data IR untuk Auditorium Harry-Jusuf PrasMul, nilai rata-rata untuk C80 sebesar -1,95 dB, D50 sebesar 23,62 %, STearly sebesar 43,36 dB, dan STlate sebesar 45,09 dB.
====================================================================================================
Music is a sound that is arranged in such a way that it contains rhythms, songs, tones, and the harmony of the sound produced from instruments that can produce rhythm. There are many musical performances in a performance space, one of which is classical music. In classical music performances more often use direct sound from musical instruments or the singer's own voice without loudspeakers. This study aims to analyze the parameters of the acoustic space used for solo classical piano performances. The work steps taken are based on the standardization of ISO 3382-1: 2009 regarding the measurement of acoustic parameters in the performance hall. Measurements were carried out in two places, namely the Rehearsal Room at Pelita Harapan University by measuring only Reverberation Time (RT), and the Harry-Jusuf Auditorium at Prasetya Mulya University by measuring RT and Impulse Response (IR). Data processing is done by analyzing the impulse response and sound envelope. The measurement at UPH obtained is the reverberation time (RT) value which has an average value of 0.57 s. The measurements at PrasMul obtained RT, D50, C80, STearly, and STlate values. The RT score at PrasMul Auditorium has an average of 1.33 s. Then the average value of D50 is 23.62%, C80 is -1.95 dB, STearly is 4.34 dB, and STlate is 4.51 dB.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akustik Panggung, Akustik Ruang, Sound Envelope. Stage Acoustic, Room Acoustic, Sound Envelope.
Subjects: Q Science
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC221 Acoustics. Sound
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Physics > 45201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Febrina Malahayati
Date Deposited: 17 Feb 2022 07:50
Last Modified: 17 Feb 2022 07:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/94412

Actions (login required)

View Item View Item