Perancangan Film Pendek Interaktif Sebagai Media Alternatif Awareness Partisipasi Politik untuk Remaja 17 - 22 Tahun

Fawwaz, Naufal Ayrton Muhammad (2022) Perancangan Film Pendek Interaktif Sebagai Media Alternatif Awareness Partisipasi Politik untuk Remaja 17 - 22 Tahun. Undergraduate thesis, Institut teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311740000046-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08311740000046-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Remaja merupakan salah satu bagian dari masyarakat yang penting untuk masa depan sebuah negara. Menurut hasil sensus pada tahun 2019 jumlah pemuda di perkirakan pada sebanyak 64,19 juta orang, sekitar seperempat dari total jumlah penduduk Indonesia. (BPS, 2019). Dengan angka yang cukup besar ini remaja menarik perhatian dari para politisi untuk menjadi target kampanye dan mendapatkan dukungan mereka. Semakin mendekatnya Pemilu 2024 dan dengan beberapa isu – isu dalam negara yang belum terselesaikan. Dan kelompok pemilih pertama merupakan kelompok terbesar ke 2. Pemilih pertama dibutuhkan untuk memiliki kesadaran partisipasi politik. Untuk menarik perhatian ini film interaktif dipilih sebagai media alternatif untuk meningkatkan ketertarikan dari target kelompok. Maka dibuatlah perancangan film pendek interaktif guna membantu meningkatkan kesadaran terhadap partisipasi politik untuk kaum remaja.
Metode penelitian yang dilakukan dahulu adalah melakukan studi literatur dan melakukan wawancara kepada pemilih pertama dalam menentukan pilihan mereka dan persepsi mereka terhadap partisipasi politik untuk menentukan naskah cerita. Lalu In-Depth interview dilakukan kepada penggiat politik untuk menentukan apakah naskah sudah sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Dari sini cerita dari film yang di rancang ini dapat di bentuk sesuai dengan data yang telah didapatkan.
Hasil dari perancangan ini berupa film interaktif yang bergenre drama serta mengangkat tema tentang partisipasi politik. Dimana luaran yang dihasilkan berharap dapat meningkatkan kesadaran partisipasi politik untuk remaja berumur 17 – 22 tahun.
================================================================================================
Late teens are an important part of society for a country’s future. According to the results of the 2019 census, the number of youth is estimated at 64.19 million people, about a quarter of the total population of Indonesia. (BPS, 2019). With this sizeable number of teenagers attract the attention of politicians to become the target of the campaign and get their support. With 2024 General Election is getting closer and several issues in the country that have not been resolved. With the 2024 election approaching, and the first group of voters is the second largest group. First voters are needed to have awareness of political participation. To attract attention, interactive films were chosen as alternative media to increase the interest of the target group. Therefore, an interactive short film was designed to help raise awareness of political participation for young people.
The first research method that the writer used was conducting a literature study and interviewing the condition of the first voters in determining their choice and their perception of political participation to determine the script. Then In-Depth interviews were conducted with political activists to determine whether the script’s message was accurate with the information that will be conveyed. From here the story of the can be shaped according to the data that has been gathered.
The result of this design is an interactive film with the genre of drama and the theme of political participation. Where the resulting output hopes to increase awareness of political participation for Late teens aged 17-22 years.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Film Pendek Interaktif, Partisipasi Politik, Film, Remaja, 17 - 22 Tahun,
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Naufal Ayrton
Date Deposited: 16 Feb 2022 19:17
Last Modified: 16 Feb 2022 19:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/94423

Actions (login required)

View Item View Item