Pengembangan Desain Planter Hidroponik Untuk Personal Rumah Tangga Memanfaatkan Limbah Plastik Dari Sedotan Plastik Dengan Sistem Injection

Herman, Feliana (2022) Pengembangan Desain Planter Hidroponik Untuk Personal Rumah Tangga Memanfaatkan Limbah Plastik Dari Sedotan Plastik Dengan Sistem Injection. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311740000102-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08311740000102-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Tren berkebun hidroponik menjadi salah satu hobi yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan pangan. Hidroponik merupakan salah satu cara dalam membudidayakan tanaman pada halaman terbatas, tanpa menggunakan media tanah. Metode hidroponik ini cocok untuk dilakukan dimana saja dan hasil tanaman tidak bergantung pada musim dan pasar. Daur ulang limbah plastik merupakan salah satu tindakan preventif untuk mengurangi limbah plastik. Maka, perancangan ini dilakukan untuk mengembangkan desain planter hidroponik vertikultur dengan menggunakan material jenis PP (polypropylene), untuk memudahkan pengguna (ibu rumah tangga dan pemula) untuk dapat bercocok tanam pada dinding eksterior bangunan yang dapat dijadikan sebagai elemen untuk mempercantik fasad bangunan pada eksterior hunian pengguna sebagai sarana untuk mempercantik, menghijaukan dan melengkapi kebutuhan rumah tangga dibutuhkan. Metode perancangan yang digunakan adalah dengan melakukan studi pustaka, riset konsumen, wawancara dengan partner hidroponik dan komunitas hidroponik, benchmarking, ideasi, pengembangan model alternatif, pembuatan mockup, hingga pengujian terhadap pengguna yang dipakai sebagai tolak ukur dan acuan dalam menganalisis kebutuhan desain pada produk planter hidroponik. Manfaat dari perancangan yang dilakukan adalah untuk menemukan solusi dan kebutuhan konsumen terhadap produk instalasi planter hidroponik yang sudah dipakai dan memperbaiki permasalahan desain sesuai dengan keinginan konsumen, yang menjadi acuan dalam pembuatan desain baru pada produk planter hidroponik menggunakan material jenis PP (polypropylene).
================================================================================================
The trend of hydroponic gardening is a hobby to meet food needs. Hydroponics is one way of cultivating plants in finite gardening, without soil media. This hydroponic method is suitable to carry out anywhere also does not depend on the season and market. Recycling plastic waste is one of the preventive measures to reduce plastic waste. So, this design develops a vertical hydroponic planter design using PP (polypropylene) type material. To make it easier to grow crops for users (housewives and beginners) on the exterior walls of the building. And can be used as an element to adorn the facade of the building on the residential exterior to beautify, green, and complete the household needs needed. The design method used is by conducting library research, consumer research, interviews with hydroponic partners and the hydroponic community, benchmarking, thinking ideation, developing alternative models, making mockups, and testing users. It will be used as benchmarks and references for analyzing design requirements on hydroponics's planter products. The benefits of the design are to find solutions and consumer needs for hydroponic's planter installation products. That used and fixed design problems according to consumer desires, which is a reference in making new designs for hydroponic planter products using PP (polypropylene) type material.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: planter hidroponik, PP (polypropylene), kebutuhan desain
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115.5.F77 Furniture
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Feliana Herman
Date Deposited: 18 Feb 2022 17:11
Last Modified: 31 Oct 2022 03:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/94625

Actions (login required)

View Item View Item