ANALISIS RISIKO SOSIAL PADA TERMINAL PENERIMA LNG PESANGGARAN DENGAN METODE FIRE AND EXPLOSION MODELING Case Study : Terminal Penerima LNG Pesanggaran

ALIYAH, YOLANDA FIJANATIN (2014) ANALISIS RISIKO SOSIAL PADA TERMINAL PENERIMA LNG PESANGGARAN DENGAN METODE FIRE AND EXPLOSION MODELING Case Study : Terminal Penerima LNG Pesanggaran. Undergraduate thesis, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

[thumbnail of 4210100061-undergraduate thesis.pdf] Text
4210100061-undergraduate thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan energi dunia terus mengalami peningkatan.
Menurut proyeksi Badan Energi Dunia (International Energy
Agency – IEA), hingga tahun 2030 permintaan energi dunia
meningkat sebesar 45% atau rata – rata mengalami peningkatan
sebesar 1,6% per tahun. Sekitar 80% kebutuhan energi dunia
tersebut dipasok dari bahan bakar fosil. Dalam pengoperasian
terminal penerima ini, tentunya mimiliki bahaya yang mungkin
terjadi yang disebabkan oleh kegagalan dari peralatan masingmasing
sistem. Maka dari itu perlunya dilakukan analisis risiko
untuk menanggulangi bahaya yang mungkin terjadi. Dalam
pengerjaan Tugas Akhir ini akan dilakukan 3 (tiga) kajian
analisis risiko. Lingkup analisis risiko yang pertama ialah
penilaian risiko pada terminal penerima, lingkup analisis risiko
yang kedua ialah jalur pipa gas onshore dari terminalpenerima
menuju PLTG Pesanggaran sepanjang 2190 meter dan analisis
ketiga ialah perhitungan Alur Pelabuhan. Lingkup analisis risiko
yang pertama dan kedua mengenai bahaya kebakaran yang
mungkin terjadi pada proses pemuatan LNG menuju terminal
penerima dan jalur pipa gas berupa jet fire, gas dispersion, dan
flash fire. Untuk melakukan hazard identification menggunakan
metode HAZOP. Initiating event pada masing – masing
komponen diperoleh dari OREDA, DNV Failure Frequency
Technique dan EGIG Database. Dari data tersebut digunakan
Fault Tree Analysis dan Event Tree Analysis sehingga diperoleh
frekuensi masing – masing skenario. Untuk analisis konsekuensi
digunakan fire modeling dari pemodelan software. Hasil
frekuensi dan konsekuensi akan di representasikan kedalam f-N
Curve standart UK HSE. Untuk lingkup analisis yang ketiga ialah
perhitungan Alur pelabuhan berdasarkan rumus dalam sebuah
referensi. Hasil dari analisis lingkup pertama diperoleh hasil
bahwa scenario yang terjadi adalah jet fire. Skenario yang
terjadi pada jalur pipa gas adalah jet fire, flash fire hanya pada
segmen pipa II dan gas dispersion. Semua scenario berada pada
daerah acceptable. Sehingga, tidak membutuhkan mitigasi. Hasil
dari perhitungan alur pelabuhan adalah perlu dilakukan
pemindahan lokasi manuver kapal untuk menjamin keamanan
dan keselamatan barge dan operational LNG.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 627.31 Ali a
Uncontrolled Keywords: Analisis Risiko, Fire Modeling, F-N Curve,
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2016 02:36
Last Modified: 19 Dec 2016 02:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1068

Actions (login required)

View Item View Item