PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DALAM IMPLEMENTASI SISTEM e-PROCUREMENT STUDI KASUS PADA KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM)

PUTRI, EKA MARLIANA (2015) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DALAM IMPLEMENTASI SISTEM e-PROCUREMENT STUDI KASUS PADA KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9112202814-Master-Theses.pdf]
Preview
Text
9112202814-Master-Theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sistem pengadaan barang dan jasa pemerintah secara elektronik atau yang dikenal
dengan e-Procurement merupakan bagian dari pelaksanaan reformasi pelayanan birokrasi
yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang cepat, mudah dan murah. Kementerian
Pekerjaan Umum merupakan salah satu instansi pemerintahan yang telah melaksanakan
sistem e-Procurement sejak peraturan ini ditetapkan oleh pemerintah pada tahun 2004 lalu.
Meskipun demikian, kompetensi sumber daya manusia dalam melaksanakan sistem e-
Procurement masih dirasakan kurang sehingga membutuhkan adanya peningkatan standar
kompetensi sumber daya manusia di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum, sehingga
secara umum berdampak pada peningkatan kinerja pelayanan publik, dalam hal ini adalah
proses e-Procurement.
Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar kuesioner yang terdiri dari 2 bagian
yaitu data responden dan kuesioner utama. Responden dalam penelitian ini adalah pegawai di
Direktorat Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum yang berjumlah 237. Hasil survei
kuesioner dianalisa dengan menggunakan Analisa Faktor dan Analisa Jalur melalui software
statistik SPSS Seri 17 For Windows.
Hasil penelitian menunjukan dari 5 faktor yang membentuk kompetensi, sub variabel
Motif dan Sifat merupakan komponen yang secara signifikan meningkatkan kompetensi
sumber daya manusia. Hasil analisa jalur menunjukan bahwa besarnya pengaruh Motif, Sifat,
Konsep Diri, Pengetahuan dan Keterampilan terhadap kinerja secara bersamaan adalah
37,9%. Kementerian Pekerjaan Umum diharapkan terus meningkatkan kompetensi pegawai
melalui sosialisasi dan program training yang berkesinambungan, yang menekankan pada
peningkatan keterlibatan jumlah pegawai dalam training. Peningkatan kinerja e-Procurement
menekankan pada daya saing dan integritas personal, dengan terus meningkatkan aspek
pengetahuan dan keterampilan teknis operasional sistem e-Procurement.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.312 5 Put p
Uncontrolled Keywords: Kompetensi SDM, Kinerja pegawai, e-Procurement, Competence Human Resource, Employee Perfomance
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549.2 Personel Management
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 20 Dec 2016 03:06
Last Modified: 24 Aug 2018 04:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1112

Actions (login required)

View Item View Item