ANALISA HUBUNGAN ANTARA PASANG SURUT AIR LAUT DENGAN SEDIMENTASI YANG TERBENTUK (STUDI KASUS : DERMAGA PELABUHAN PETIKEMAS SURABAYA)

QHOMARIYAH, LAILATUL (2015) ANALISA HUBUNGAN ANTARA PASANG SURUT AIR LAUT DENGAN SEDIMENTASI YANG TERBENTUK (STUDI KASUS : DERMAGA PELABUHAN PETIKEMAS SURABAYA). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3511100013-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3511100013-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia sebagai negara kepulauan mempunyai
kebutuhan yang sangat besar terhadap transportasi laut untuk
menunjang aktivitas perdagangan maupun kegiatan
transportasi yang berpindah dari satu pulau ke pulau yang
lain. Keamanan dermaga pelabuhan menjadi faktor penting
untuk menjamin keselamatan kapal yang akan bersandar,
maka dari itu pengamatan terhadap perubahan sedimentasi
perlu dilakukan untuk mengamati perubahan sedimentasi
yang terjadi di dermaga pelabuhan sehingga kapal yang akan
sandar tidak akan kandas. Pembentukan sedimentasi di
dermaga dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya
adalah pasang surut.
Dermaga domestik pelabuhan petikemas Surabaya
merupakan salah satu dermaga yang memfasilitasi kapalkapal
yang bersandar di dermaga pelabuhan di Jawa Timur.
Untuk itu pengamatan tentang pengaruh pasang surut
terhadap sedimentasi yang terjadi di dermaga ini perlu
dilakukan untuk mengetahui perubahan dari sedimentasi yang
terjadi, sehingga keamanan kapal yang akan sandar juga
terjamin.
Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan pengaruh dari
fenomena pasang surut terhadap sedimentasi yang terbentuk
di dermaga domestik pelabuhan petikemas Surabaya dengan
kesimpulan ketika bilangan formzahl lebih besar dari tahun
sebelumnya, maka volume sedimentasi juga akan bertambah.
Pada volume sedimentasi tahun 2011 sebesar 9.460 m3
dengan bilangan formzahl sebesar 0,662 dijadikan acuan
untuk peningkatan volume sedimentasi tahun 2012 sebesar
49.537 m3 dengan bilangan formzahl sebesar 0,819.
Peningkatan bilangan formzahl yang berarti juga peningkatan
fenomena pasang dan surut air laut yang terjadi
mengakibatkan selisih volume sedimentasi dari tahun 2011
sampai tahun 2012 sebesar 40.077 m3. Dan Pada volume
sedimentasi tahun 2013 sebesar 14.306 m3 dengan bilangan
formzahl sebesar 0,722 dijadikan acuan untuk peningkatan
volume sedimentasi tahun 2014 sebesar 35.102 m3 dengan
bilangan formzahl sebesar 0,758. Peningkatan bilangan
formzahl yang berarti juga peningkatan fenomena pasang dan
surut air laut yang terjadi mengakibatkan selisih volume
sedimentasi dari tahun 2013 sampai tahun 2014 sebesar
20.796 m3 . ========== Indonesian archipelago has a high necessity of sea
transportation to support the trade activities and mobility
between one island and another. The harbor security is an
important factor to ensure the safety of the ships which are
being leant there, therefore the sedimentation is needed to be
observed in order to find out the changes of sedimentation so
that the ship would not run aground. The formation of
sedimentation in the dock is influenced by several factors,
one of them is tidal.
Domestic dock container port of Surabaya is one the
docks that facilitates dock ships at the jetty port in East Java.
To observe the influence of the tides to the dock
sedimentation, it is necessary to know the changes of
sedimentation, so the security of the ships that will be dock
could be guaranteed.
The results of this study was finding the impacts of tidal
phenomena to the sediment formed in the domestic dock
container port Surabaya we can conclude that when the
Formzahl number is greater than the previous year, the
sedimentation volume will also increase. The sedimentation
volume in 2011 amounted to 9.460 m3 with Formzahl
numbers of 0,662 is used as the reference to a sedimentation
volume increasing in 2012 amounted to 49.537 m3 with
formzahl number of 0,819. The increasing formzahl numbers
which also means increase in the phenomenon of ebb and
flow of sea water, has shown a difference of sedimentation
volume from 2011 to 2012 amounted to 40.077 m3. And In
the sedimentation volume in 2013 amounted to 14.306 m3
with a formzahl number of 0,722 is used as the reference to
an increase in sedimentation volume in 2014 amounted to
35.102 m3 with formzahl number of 0,758. The increasing
formzahl numbers which also means an increase in the
phenomenon of ebb and flow of sea water which has resulted
in a difference of sedimentation volume from 2013 to 2014
amounted to 20.796 m3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: dermaga, pasang surut, pelabuhan, sedimentasi, dock, tidal, port, sedimentation
Subjects: Q Science > QE Geology > QE571 Sedimentation and deposition. Sediment transport. Erosion.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Geomatics Engineering > 29202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 06 Jan 2017 06:58
Last Modified: 24 Aug 2018 06:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1363

Actions (login required)

View Item View Item