Desain Prototip Drag and Lift Balance Pada Wind Tunnel Siklus Tertutup

Habibi, Muhammad Tsabit (2017) Desain Prototip Drag and Lift Balance Pada Wind Tunnel Siklus Tertutup. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2111100158-Undergraduate_theses.pdf] Text
2111100158-Undergraduate_theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam mekanika fluida dikenal gaya-gaya aerodinamika yaitu gaya drag dan gaya lift. Penelitian mengenai gaya drag dan gaya lift terus dilakukan untuk meningkatkan performansi pada suatu konstruksi yang berinteraksi dengan fluida. Saat dilakukan penelitian, peneliti pasti akan membutuhkan alat ukur. Selama ini alat ukur yang dilakukan pada close loop wind tunnel hanya berdasarkan distribusi tekanan pada permukaan bluff body. Padahal didalam pengukuran tersebut gaya drag dan gaya lift sangat sensitif dengan letak separasi.
Penelitian kali ini dilakukan dengan menggunakan close loop wind tunnel dengan kecepatan maksimal 40 m/s. Wind tunnel siklus tertutup yang memiliki ukuran test section 30 cm x 30 cm ini belum dilengkapi dengan sebuah alat ukur drag dan lift, yang kemudian dibuatkan drag and lift balance. Selain itu wind tunnel ini memiliki intensitas turbulensi 0,49%. Alat ukur drag and lift balance ini divalidasi dengan menggunakan benda-benda standar seperti (bola, silinder, dan airfoil) untuk Re yang digunakan pada bola dan silinder yaitu antara 1×104 < Re < 1×105 sedangkan untuk NACA 0012 digunakan Re = 1.2 × 105 dan Re = 2.4 × 105 dengan variasi sudut serang (α) antara 0o sampai 15o. Percobaan ini bertujuan untuk mengetahui keakuratan data yang dapat diukur dengan menggunakan drag and lift balance ini.
Hasil yang didapatkan dari studi ini berupa nilai CD dan CL. Hasil CD yang didapatkan pada bola mempunyai kecenderungan yang sama dengan literatur dan nilai ketidakpastiannya kurang dari 10% pada nilai Reynolds 1×104 < Re < 1×105. Sedangkan untuk nilai CD pada silinder juga memiliki kecenderungan yang sama yaitu sama dengan literatur dan nilai CD hasil percobaan memiliki nilai ketidakpastian kurang dari 10% pada Re > 8,0×104. Airfoil NACA 0012 memiliki nilai CD dan CL dengan ketidakpastian kurang dari 10%.
Kata

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: drag and lift balance, drag coefficient, lift coefficient
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - MUHAMMAD TSABIT HABIBI
Date Deposited: 02 May 2017 03:56
Last Modified: 28 Dec 2017 07:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/3034

Actions (login required)

View Item View Item