Studi Pengaruh Penambahan Torsional Vibration Absorber Terhadap Respon Getaran Pada Sistem Getar Rotasi Utama

Kusumo, Aryo (2016) Studi Pengaruh Penambahan Torsional Vibration Absorber Terhadap Respon Getaran Pada Sistem Getar Rotasi Utama. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2111100106-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
2111100106-Undergraduate-Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Beban kejut torsional sering terjadi pada sebuah sistem yang
berputar seperti sistem power train pada mobil. Salah satu cara
menanggulanginya adalah dengan menggunakan torsional
vibration absorber. Oleh karena itu, dalam tugas akhir ini dibuat
alat untuk dianalisis pengaruh penambahan Torsional Vibration
Absorber (TVA) terhadap respon getaran pada sistem getar rotasi
utama. Pada penelitian ini dilakukan simulasi respon dinamis dan
ekperimen. Pada simulasi dilakukan variasi inersia beban yaitu
1,705.10-4 kg.m2; 1,055.10-3 kg.m2; dan 3,562.10-3 kg.m2 serta
variasi konstanta pegas yaitu 1 Nm/rad, 3 Nm/rad, dan 5 Nm/rad.
Untuk inersia dan konstanta pegas TVA bernilai 1/10 dari beban.
Setelah didapat parameter yang sesuai, alat dibuat dengan yang
dipilih adalah variasi pasangan inersia beban dengan konstanta
pegas 1,705.10-4 kg.m2 dengan 3 Nm/rad dan 3,562.10-3 kg.m2
dengan 1 Nm/rad, kemudian alat dijalankan dan dianalisis. Hasil
yang didapat pada tugas akhir ini yaitu grafik respon dinamis
hasil simulasi berupa perpindahan, kecepatan, dan percepatan
angular. Dari eksperimen didapat grafik respon percepatan. Dari
grafik simulasi dapat disimpulkan dengan penambahan TVA
maka perpindahan dan kecepatan maksimum semakin berkurang
dengan rata-rata pengurangan 21,32% dan 31,46%, sedangkan
percepatan naik dengan rata-rata 46,59%. Tetapi hasil dari
pengujian alat didapat percepatan maksimum yang turun dengan tambahan TVA dengan rata-rata 22,02%, namun trendline yang
terbentuk tidak jauh berbeda.

=====================================================================================

Torsional impact often occur in rotational system like in
power train of a car. Torsional vibration absorber is often
implemented to reduce the effect. That is why a simple system is
made to study the influence of implementing Torsional Vibration
Absorber (TVA) to dynamic response of the primary rotational
system. Simulation and experiment is done in this undergraduate
thesis. Load inertia variation in simulation is 1,705.10-4 kg.m2;
1,055.10-3 kg.m2; and 3,562.10-3 kg.m2 also spring constant
variation is 1 Nm/rad, 3 Nm/rad, and 5 Nm/rad. Value of TVA
inertia and spring constant is 1/10 from the load. After parameter
specification is achieved, system is made with variation of load
inertia and spring constant 1,705.10-4 kg.m2 with 3 Nm/rad and
3,562.10-3 kg.m2 with 1 Nm/rad, then the system is run and
analyzed. Dynamic response of angular displacement, velocity, and
acceleration is obtained from simulation. Angular acceleration is
also obtained from experiment. From simulation it is conclude that
with implementing TVA, angular displacement and velocity is
decreased by 21,32% and 31,46%, however angular acceleration is
increase 46,59%. But from experiment, with implementing TVA,
it is obtained decreasing angular acceleration by 22,02%, but the
trendline is quite similar with simulation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.243 Kus s
Uncontrolled Keywords: torsional vibration; Torsional Vibration Absorber
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 24 May 2017 02:42
Last Modified: 27 Dec 2018 02:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41362

Actions (login required)

View Item View Item