Perancangan Aplikasi Buku Cerita Anak Interaktif Mengenai Etika Terima Kasih, Tolong, Maaf, Dalam Kehidupan Sehari-Hari Untuk Anak Usia 7-8 Tahun

Anggraini, Selviana (2017) Perancangan Aplikasi Buku Cerita Anak Interaktif Mengenai Etika Terima Kasih, Tolong, Maaf, Dalam Kehidupan Sehari-Hari Untuk Anak Usia 7-8 Tahun. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3412100125-Undergraduate-Theses.pdf] Text
3412100125-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Budaya sopan santun Indonesia semakin lama semakin berkurang. Pendidikan
sopan santun harusnya diajarkan sedini mungkin. Sayangnya, keluarga sebagai
kontrol sosial tidak menjalankan perannya dengan baik. Orang tua, lebih sibuk
bekerja sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mengajarkan perilaku dan
etika yang baik dalam kehidupan sehari-hari dan melakukan pengawasan. Tujuan
yang ingin dicapai dalam perancangan ini adalah merancang sebuah media
alternatif yang dapat membantu mengajarkan etika sehari-hari dan untuk
menambahkan kemanfaatan media yang saat ini justru banyak memiliki dampak
negatif bagi anak usia 7-8 tahun.
Proses perancangan ini berpedoman pada pengumpulan data, studi eksisting,
studi literature, kuesioner, wawancara, observasi, dan shadowing. Selain digunakan
untuk mengidentifikasi masalah, pengumpulan data digunakan untuk menentukan
konten dan mendapatkan metode yang sesuai dengan target audien. Metode yang
digunakan dalam menyampaikan konten adalah dengan bentuk cerita. Cerita dalam
perancangan ini berlatar kehidupan sehari-hari yang akan mempermudah anak
dalam memahami isi dan mengimplementasikannya.
Hasil dari perancangan ini adalah terancanganya suatu aplikasi buku cerita
anak interaktif mengenai etika terima kasih, tolong, maaf, dalam kehidupan seharihari
untuk anak usia 7-8 tahun yang dapat diakses pada gadget anak. Agar lebih
menarik, penyajian aplikasi menggunakan ilustrasi 2D yang dapat bergerak yang
dilengkapi dengan audio narator. Terdapat pula karakter tokoh “Sheela” dan temantemannya
yang dapat menjadi contoh bagi anak. Setiap seri cerita dibedakan dengan
konten etika sehari-hari yang berbeda sesuai dengan setting tempat. Gaya bahasa
yang digunakan juga sangat ringan sehingga mudah dipahami anak. Selain itu juga
dilengkapi game sederhana yang mendukung pembelajaran konten etika.
==================================================================================================================Politeness culture in Indonesia has slowly decreased. Politeness education is
should be taught in early years. Unfortunately, the family which takes a social
control did not play well their role. The parents will busy with their work so they
did not have much time to supervise and taught their child about politeness and
ethics in daily life. The goal of this project is designing alternative media that help
teach ethics in daily life and adding the benefit of media, which have a more
negative impact for 7-8 years age children.
The design process used several methods to collecting data that is existing
study, literature study, questionnaire, interview, observation and shadowing to
identified the problems, determined content, and suitable communication methods
for the target audience. As for methods that used to communicate the content is
through the story with daily life background that will ease the children to understand
and implement the content.
The Output from this design project is interactive children book application
about gratitude, assistance, apologize ethics in daily life for 7-8 years age children
that can be accessed in their gadget. To make it more interesting, the presentation
of applications used moving 2D illustrations equipped with narrator audio.
Character "Sheela" and friends can be role models for children. Each series of the
stories have different daily life ethics content according to the place settings. There
is simple language that easies to understand and simple game that supported
learning ethics content

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 006.696 Ang p
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Cerita Sehari-hari, Etika
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 29 May 2017 03:43
Last Modified: 28 Dec 2017 08:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41396

Actions (login required)

View Item View Item