Analisis Risiko Waktu Dan Biaya Pada Proyek Konstruksi Jalur Kereta Api Rute Makassar-Parepare

Habibie, Yusman Rusyda (2017) Analisis Risiko Waktu Dan Biaya Pada Proyek Konstruksi Jalur Kereta Api Rute Makassar-Parepare. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114203009-Master_Theses.pdf] Text
3114203009-Master_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Proyek konstruksi jalur kereta-api rute Makassar-Parepare yang memiliki
jalur sepanjang 145 km akan melintasi berbagai macam kawasan, seperti
pegunungan, pemukiman, kawasan dekat pantai dan melintasi beberapa daerah
perlintasan. Fakta dari penelitian terdahulu yang menyebutkan bahwa masih banyak
terjadinya beberapa kasus yang mengganggu progres pada tahap konstruksi jalur
rel kereta-api, seperti terjadinya kecelakaan kerja, dan penerapan metode konstruksi
yang tidak sesuai dengan kondisi di lapangan yang menyebabkan kerugian ekonomi
pada proyek dan tidak terselesaikannya proyek pada waktu yang telah ditentukan,
oleh sebab itu melakukan analisis risiko sangat penting dilakukan, untuk
mengantisipasi segala macam risiko yang mungkin tejadi.
Tujuan penelitian ini adalah, untuk menilai besar risiko pada proyek
konstruksi jalur kereta-api Makassar-Parepare, serta mengetahui respon terhadap
variabel risiko dengan nilai level risiko tertinggi. Untuk mencapai tujuan penelitian
tersebut dilakukan studi literatur dari penelitian terdahulu untuk mendapatkan
variabel risiko yang berpengaruh pada konstruksi jalur kereta-api, yang kemudian
variabel tersebut dinilai oleh responden melalui kuesioner, adapun responden dalam
penelitian ini adalah Project Manager dan Site Engineer yang terlibat dalam proyek
pembangunan jalur rel kereta-api Makassar-Parepare. Variabel risiko yang telah
dinilai oleh responden, selanjutnya dilakukan analisis Probability-Impact Matrix
untuk mengetahui nilai level dari setiap variabel risiko. Setelah didapatkan variabel
risiko dengan nilai level tertinggi, dilanjutkan proses wawancara dengan responden,
untuk mengetahui respon risiko.
Hasil dari analisis yang telah dilakukan adalah risiko yang berpengaruh
pada setiap wilayah utama yang termasuk dalam lingkup proyek pembangunan jalur
kereta-api rute Makassar-Parepare berbeda dari satu wilyah dengan wilayah
lainnya, dimana pada wilayah dekat pantai risiko yang paling berpengaruh adalah
kekurangan jumlah tenaga kerja, di wilayah pemukiman risiko paling berpengaruh
adalah keadaan cuaca tidak menentu, di wilayah perlintasan risiko risiko yang
mempunyai nilai level tertinggi adalah rendahnya stabilitas tanah, serta pada
wilayah pegunungan risiko yang paling berpengaruh adalah kesalahan estimasi
waktu. Berdasarkan hasil wawancara, respon risiko yang diambil untuk mengurangi
probabilitas dan dampak yang diakibatkan oleh setiap risiko adalah dengan
merencanakan langkah mitigasi strategis, dimana langkah tersebut diawali dengan
mengetahui terlebih dahulu tentang penyebab terjadinya suatu risiko.
============================================================================================
The railway construction project of Makassar-Parepare line has a total
length 145 kilometers approximately will cross the wide range of region, such as
mountainous area, residential area, coastal area, and crossing area. The fact of
previous research says that there are still many occurences of several cases that
interfere with the progress of the construction phase, such as accidents and improper
implementation of construction method are leading to economic losses on the
project and project can not be delivered on a predetermined time, because of that
reason, peforming risk anlaysis will essential to anticipate all sorts of risks that may
occur during construction phase.
The purpose of this study are to assess the risk factors which may occur
during construction and to find out the proper risk response strategy to manage the
higest risks. Conducting literature study of previous research to get an overview
about the possible risks factors, then the risk factors will be assessed by respondents
through questionnaires survey. Respondents in this study are project manager and
site manager who involved in development of Makassar-Parepare railway line
construction. Risk factors which has been assessed by respondents, then Probability
Impact Matrix analysis was conducted as the next step of analysis to discover the
risk factors level. Once the highest level of risk factors has been discovered,
interview process with respondent was performed to determining the risk response.
The results of the analysis that has been done is key risk in every major
region within the scope of the project differ from other region, whereas in the
coastal area the highest risk is shortage of labor, and in the residential area the
highest risk is unpredictable weather conditions, in the crossing area the highest risk
is the low stability of soil, and in the mountainous area the highest risk is error in
scheduling. Based on the interview, risk response which selected to reduce the
probability and impact caused by risk occurences is to make strategic mitigation
planning measures which begin with the find the triggers of risk factors.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTS Hab a
Uncontrolled Keywords: Analisis risiko, proyek jalur kereta api Makassar-Parepare
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 02 Jun 2017 06:39
Last Modified: 18 Dec 2017 02:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41470

Actions (login required)

View Item View Item