Studi Eksperimental Pengaruh Variasi Temperatur Dan Tekanan Bahan Bakar Vi-Gas Terhadap Unjuk Kerja Dan Emisi Mesin Sinjai 650 CC Berbahan Bakar Bifuel (Premium-Vigas)

Putra, Benny Prasetyatna (2016) Studi Eksperimental Pengaruh Variasi Temperatur Dan Tekanan Bahan Bakar Vi-Gas Terhadap Unjuk Kerja Dan Emisi Mesin Sinjai 650 CC Berbahan Bakar Bifuel (Premium-Vigas). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2113105018-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
2113105018-Undergraduate-Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ViGas merupakan produk pertamina untuk bahan bakar
LGV (Liquefied Gas for Vehicle) yang diformulasikan untuk
kendaraan bermotor. Beberapa keuntungan dari pemanfaatan
ViGas sebagai bahan bakar alternatif pada mesin pembakaran
dalam karena menghasilkan polutan yang rendah dan memiliki
nilai oktan tinggi. Selain itu harga ViGas lebih murah
dibandingkan bahan bakar cair (gasoline dan diesel).
Penelitian ini difokuskan pada mesin Sinjai 2 silinder 650
cc sistem pemasukan bahan bakar port injection dengan variasi
pada temperatur air pemanas pada pressure regulator ViGas.
Mekanisme pemanasan yang dilakukan adalah memanaskan air
dalam suatu penampung yang telah diset pada temperatur
tertentu kemudian air dipompa masuk ke dalam pressure
regulator. Variasi temperatur gas yaitu antara 40oC, 50o dan
60oC dengan interval antar variasi sebesar 10o C.Pengujian
unjuk kerja dilakukan pengambilan data yang diukur berupa
torsi,daya, temperatur (exhaust,cover head silinder, blok silinder,
pelumas,) emisi gas buang CO, CO2 dan HC, serta serta
푚̇
bahan
bakar dan

̇
udara.
Hasil penelitian
diperoleh kenaikan unjuk ke
rja mesin
sinjai sebagai akibat kenaikan temperatur dan tekanan ViGas.
Torsi maksimum yaitu pada saat temperatur ViGas 50
0
C tekanan
1,5 bar putaran 3500 rpm sebesar 32,962 Nm. Torsi ini
meningkat dibandingkan torsi maksimum pengujian ViGas tanpa
variasi te
mperatur dan tekanan,namun masih lebih rendah
dibandingkan dengan bensin. Daya maksimum terjadi pada saat
temperatur ViGas 50
0
C tekanan 1,5bar putaran 4500 rpm
sebesar 14,892 kW. Daya ini mengalami peningkatan dari ViGas
tanpa variasi, namun lebih rendah daripada bensin. Tekanan
efektif rata
-rata (bmep) maksimum terjadi pada temperatur 50oC
tekanan 1,5bar putaran 3500 rpm sebesar 6,442 bar. Nilai bmep
maksimum ini mengalami peningkatan dibandingkan ViGas tanpa
variasi, namun lebih rendah dibandingkan bensin. Emisi CO dan
HC pada penggunaan mesin berbahan bakar ViGas dengan
penambahan variasi temperatur dan tekanan ViGas mengalami
penurunan daripada bahan bakar bensin.
=================================================================
Vigas are products fuel LGV
(Liquefied Gas for Vehicles)
from
Pertamina whic
h
formulated to
motor
vehicle. The
advantage of the utilization of alternative gaseous fuel ViGas is
low produce pollutans and high octane number. In addition, the
price of the ViGas is cheaper than liquid fuels (gasoline and
diesel).
This study focused on Sinjai 2 cylinder engine of 650 cc
with fuel injection port system and the temperature variations in
the water heater of ViGas pressure regulator. Heating mechanism
is heat water in a reservoir that had been set at a certain
temperatu
re and then water is pumped into the pressure
regulator. Variation of the gas temperature is 40
o
,50
o
C and 60
o
C
with additions 10
o
C intervals between variations of temperatures.
At the inlet and outlet on the Vigas pressure regulator
installed
thermocouple
to determine changes temperature ViGas
after
heating. Tests conducted retrieval performance measured data in
the form of torque,
power,
temperature (
exhaust,cover head
cylinder
,block cylinder ,oil) gas emissions CO, CO2 and HC, and
fuel mass flow rate (
푚̇
fuel)
and air mass flow rate (
푚̇
air)
.
The results obtained that Sinjai machine’s performance is
increases as a result of rising temperatures and pressure
ViGas
.
The maximum torque that is in the
ViGas
temperature
50°C, pressure
1,5
bar and 3000 rpm about 32,962
Nm. This torque is
increased compared to the maximum torque in ViGas without
variation,
t but still lower than gasoline. The maximum force is in
the
ViGas
temperature occurs at 5
0 ° C, pressure 1,5
bar, and
rotation
4500 rpm about 1
4,892
kW. These forces have increased
compared to the data
ViGas without variation, but still lower than
gasoline. Brake mean effective pressure (bmep) maximum occurs
at
ViGas
temperature
50
o
C, pressure 1,5
bar, and 3000 rpm
rotation about 6,442 bar
. This is increase compared with
ViGas
without variation test, but still lower than gasoline. HC and CO
emissions from ViGas
fueled
-engine with pressure and
temperature variations ViGas
decline compared with the gasoline
fueled
-engine.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 621.43 Put s
Uncontrolled Keywords: Liquefied Gas for Vehicle(LGV); ViGas; temperatur; heater; Mesin sinjai
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 07 Jun 2017 07:25
Last Modified: 27 Dec 2018 04:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41523

Actions (login required)

View Item View Item