Simulasi Proses Pemuatan Kapal Di Pelabuhan PT. Wina Gresik Dengan Tujuan Mengurangi Demurrage

Rizal, M. Husni (2015) Simulasi Proses Pemuatan Kapal Di Pelabuhan PT. Wina Gresik Dengan Tujuan Mengurangi Demurrage. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9110201313-Master Theses.pdf]
Preview
Text
9110201313-Master Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kinerja dari pelayanan pelabuhan umumnya dievaluasi dari waktu
pelayanan aktivitas bongkar-muat kapal. Pada dermaga bulk cargo PT. WINA,
kinerja proses pemuatan dievaluasi dari waktu pemuatan kapal, serta besarnya
demurrage. Hal tersebut terjadi dikarenakan adanya antrian kapal yang
menyebabkan keterlambatan dalam penyandaran kapal selanjutnya. Permasalahan
yang terjadi di pelabuhan PT. WINA Gresik adalah terjadinya peningkatan waktu
pemuatan yang melebihi waktu standar, serta peningkatan demurrage yang
ditanggung oleh perusahaan.
Ada dua alternatif yang diajukan untuk meminimalkan waktu pemuatan
dan demurrage, yaitu penambahan jalur pipa yang digunakan untuk pemuatan dan
pembangunan tangki shipment dengan jarak yang lebih dekat ke dermaga. Tujuan
yang ingin dicapai adalah menentukan skenario alternatif terbaik dalam usaha
perbaikan kondisi saat ini. Penentuan alternatif terbaik dilakukan dengan
menggunakan metode simulasi diskrit. Langkah-langkah untuk melakukan
simulasi adalah sebagai berikut: (1) mengumpulkan data dari proses pemuatan
kapal; (2) membuat model konseptual simulasi proses pemuatan pada kondisi
eksisting; (3) melakukan proses simulasi pada kondisi eksisting; (4) melakukan
uji verifikasi dan uji validasi; (5) mengembangkan model simulasi untuk kedua
alternatif serta melakukan simulasi; dan (6) melakukan analisis dari hasil simulasi
yang telah dilakukan. Simulasi diselesaikan dengan menggunakan perangkat
lunak ARENA 14.0.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa, alternatif pembangunan tangki
shipment dengan jarak lebih dekat ke dermaga adalah alternatif terbaik. Alternatif
tersebut menghasilkan pengurangan demurrage sebesar 57% dari kondisi
eksisting. Berdasarkan perhitungan return of investment (ROI) didapatkan 139,9%
dan payback period untuk alternatif tersebut adalah 0,41 tahun.
===============================================================================================
Performance of sea ports usually evaluated based on service time of the
loading-unloading activity. Loading process performance at PT. WINA bulk
cargo port evaluated based on ship loading time and demurrage cost. Demurrage
cost should be paid to the ship owner due to there are waiting lines which cause
delay in berthing the ship within given lay time period. Problems in PT. WINA
Gresik port are the increasing case of extending loading time beyond standard
time limit, and the increasing cost of demurrage as an effect of the ship berthing
delay due to port congestion.
Specifically there are two alternatives proposed to solve the loading time
and demurrage problem, these alternatives are: (1) add new pipeline to the
existing shipment line, (2) building new shipment tank which is closer in distance
to the jetty. The objective of this thesis is to determine the best alternative
scenario to improve existing condition, in order to minimize loading time and
demurrage. Discrete simulation method used to analyze the problem, within these
chronological steps: (1) collecting data from loading activity process; (2)
modeling simulation flow chart of the existing loading activity; (3) running
simulation process on the existing condition; (4) verifying and validating
simulation model; (5) testing alternative scenarios based on constructed
simulation model; and (6) analyzing simulation result. Simulation software used is
ARENA 14.0. Best scenario chosen based on performance criteria: shortest
loading time, and the lowest demurrage cost.
The result of simulation shows that the building of the new shipment tank
with shorter distance to jetty is the best alternative. Demurrage cost reduced by
57% compared to existing, and return of investment (ROI) 139.9% while payback
period is 0.41 year.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 003.34 Riz s
Uncontrolled Keywords: simulation, ship loading time, demurrage.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
Q Science > QA Mathematics > QA76.87 Neural networks (Computer Science)
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 06 Jul 2017 07:45
Last Modified: 24 Aug 2018 06:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41894

Actions (login required)

View Item View Item