Desain Bentuk Lambung ROV Sebagai Alat Inspeksi Visual Bawah Laut Di Daerah Kolam Pelabuhan

Hakim, Andi (2014) Desain Bentuk Lambung ROV Sebagai Alat Inspeksi Visual Bawah Laut Di Daerah Kolam Pelabuhan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4105100068-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
4105100068-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengembangan sejumlah ROV dalam tahap desain atau pengujian,
memiliki tujuan akhir untuk digunakan di penelitian oceanographic. Beberapa
didesain untuk penggunaan di pesisir laut, dan yang lainnya didesain pada tengahtengah
kedalaman laut serta mendekati dasar laut. Remotely Operated underwater
Vehicles atau ROV yang didesain memiliki bentuk yang kecil dengan material
yang mudah didapat dan tidak banyak menghabiskan dana yang besar. Untuk
desain frame yang direncanakan menggunakan pipa PVC dengan diameter 2.54
cm. Pipa PVC dipilih karena memiliki kelebihan yakni sulit rusak, tahan lama,
tidak berkarat, tidak membusuk, mudah merubah bentuk dan ukuran serta
memiliki daya apung sendiri.
Desain awal ROV dibuat dengan memperhatikan fungsi utama yaitu
inspeksi visual, dengan kata lain memiliki kamera dan mampu bergerak maju,
menyelam, dan menyamping. Desain ini memiliki panjang total 28 cm dan lebar
total 16.48 cm. Setelah melakukan perhitungan titik berat dan titik buoyancy
ternyata desain awal ini tidak memiliki stabilitas yang baik karena titik-titik
tersebut saling berdekatan sehingga diperlukan desain ulang. Untuk desain ROV
yang baru memiliki panjang 34.4 cm tinggi 17.78 cm dan lebar 16.48 cm serta
berat total 1173 grams. Desain ini sudah memiliki stabilitas yang cukup karena
LCG dengan LCB berdekatan, VCG dengan VCB memiliki jarak, dan letak VCB
diatas VCG. Desain ROV ini selanjutnya dilakukan estimasi besar hambatan serta
kekuatan propulsi yang diperlukan untuk memiliki kecepatan. Dari perhitungan
dapat disimpulkan bahwa ROV mampu melaju dengan kecepatan 2 knots atau
1.028 m/s, kecepatan menyelam 0.3 m/s.

======================================================================================

Development of a number of ROV in the design phase or testing, has the
ultimate goal to be used in oceanographic research. Some are designed for use on
the sea coast, and the other was designed in the middle of the ocean depths and
closer to the sea floor. Remotely Underwater Operated Vehicles or ROV is
designed to have a small form with a material that is easy to come by and not
spend a lot of money. Planned design for the frame using PVC pipe with a
diameter 2.54 cm. PVC pipe chosen because it has the advantage that hard tobe
damaged, durable, no rust, no rot, easy to change shape and size as well as having
its own buoyancy.
The initial design of ROV made with regard to the primary function of the
visual inspection, in other words, has a camera and is able to move forward,
diving, and sideways. This design has a total length of 28 cm and a total of 16.48
cm wide. After calculating the center of gravity and buoyancy point turns this
initial design does not have good stability because the points are close to each
other so that re-design is necessary. The new design ROV has a 34.4 cm long,
17.78 cm height and 16.48 cm wide and a total weight of 1173 grams. This design
already has sufficient stability cause LCB adjacent LCG, VCG with VCB has
distance, and location of VCB over VCG. The design is then carried estimation
ROV drag as well as the propulsion force is required to have speed. From the
calculations it can be concluded that the ROV capable of traveling at a speed of 2
knots or 1,028 m / s, and the speed of the dive 0.3 m / s.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 006.42 Hak d
Uncontrolled Keywords: desain, kamera, ROV, visual, camera, design
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1637 Image processing--Digital techniques
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 06 Jul 2017 06:36
Last Modified: 06 Jul 2017 06:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41898

Actions (login required)

View Item View Item