Analisis Faktor Risiko Yang Mempengaruhi Pneumonia Pada Balita Di Kabupaten Bangkalan Menggunakan Regresi Poisson

Fawaizul, Faidah (2017) Analisis Faktor Risiko Yang Mempengaruhi Pneumonia Pada Balita Di Kabupaten Bangkalan Menggunakan Regresi Poisson. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1314 030 054-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
1314 030 054-Non_Degree.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu penyakit yang mengakibatkan kematian terbesar di dunia khususnya pada balita adalah pneumonia. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2015 menyatakan bahwa terjadi peningkatan pada kasus pneumonia khususnya pada balita. Salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki jumlah pneumonia terbanyak adalah Kabupaten Bangkalan yakni sekitar 4000 lebih kasus pneumonia pada balita. Karena jumlah yang cukup tinggi ini maka akan dilakukan penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pneumonia pada balita di Kabupaten Bangkalan untuk menurunkan kasus pneumonia tersebut. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode regresi Poisson. Metode regresi Poisson digunakan untuk menduga model dengan variabel respon berupa data count. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pneumonia pada balita di Kabupaten Bangkalan. Hasil analisis yang telah diperoleh diketahui bahwa model regresi Poisson terjadi overdispersi, sehingga dilakukan Generalized Poisson Regression untuk mengatasinya. Model terbaik yang diperoleh menyatakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pneumonia pada balita di Kabupaten Bangkalan adalah jumlah balita yang mendapatkan vitamin A, jumlah posyandu, jumlah rumah tangga yang menerapka PHBS, dan jumlah rumah sehat.
===============================================================================================
One of diseases that lead to death in the world, especially in children is pneumonia. Ministry of Health Republic Indonesia in 2015 stated that there was an increase in cases of pneumonia, especially in infants. One of districts in East Java which has the highest number of pneumonia is Bangkalan which about 4,000 more cases of pneumonia in infants. Because this number high enough it will do research on the factors that affect pneumonia in children at Bangkalan to reduce the pneumonia cases. The method used for this study is the Poisson regression method. Poisson regression method used to estimate the model with a variable response in the form of data count. This study aims to get what factors are affecting pneumonia in children at Bangkalan. The results of the analysis that has been obtained is known that occur overdispersi Poisson regression model, so do Generalized Poisson Regression to cope. The best model is obtained stating that the factors that affect pneumonia in children at Bangkalan is the number of infants who received vitamin A, the number of Posyandu, the number of households to implementing PHBS, and the number of healthy homes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSSt 519.536 Fai a-1
Uncontrolled Keywords: Generalized Poisson Regression, Overdispersi, Pneumonia, Regresi Poisson
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis. Logistic regression
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49401-(D3) Diploma 3
Depositing User: fawaizul faidah
Date Deposited: 27 Oct 2017 02:42
Last Modified: 05 Mar 2019 02:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42114

Actions (login required)

View Item View Item