EVALUASI IMPLEMENTASI MODUL SALES AND DISTRIBUTION (SD) SAP PADA PROSES BISNIS PENJUALAN PRODUK KEPADA PELANGGAN JENIS MODERN TRADE STUDI KASUS : PT. XYZ INDONESIA TBK.

Setiawan, Kevin (2017) EVALUASI IMPLEMENTASI MODUL SALES AND DISTRIBUTION (SD) SAP PADA PROSES BISNIS PENJUALAN PRODUK KEPADA PELANGGAN JENIS MODERN TRADE STUDI KASUS : PT. XYZ INDONESIA TBK. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5213100108-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5213100108-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

PT. XYZ Indonesia TBK (PT. XYZ) merupakan salah satu perusahaan multi nasional dalam industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Untuk bersaing dalam industri tersebut, PT. XYZ melakukan pendefinisian Standard Operating Procedure (SOP) sebagai acuan melakukan aktivitas, pengukuran performa menggunakan Key Performance Indicator (KPI), dan mengintegrasikan data menggunakan sistem ERP yaitu SAP ECC. Meskipun telah menggunakan SAP ECC namun dalam praktiknya terdapat perbedaan pengeksekusian proses bisnis.
Dalam rangka mempertahankan capaian positif, melakukan evaluasi setiap capaian proses menjadi penting. Penelitian ini berfokus pada salah satu proses bisnis paling kompleks yaitu lini bisnis XYZ Retail, merupakan penjualan produk kepada pelanggan jenis Modern Trade (MT). Proses bisnis tersebut memiliki keterkaitan dengan modul Sales and Distribution (SD) dalam SAP ECC. Pengevaluasian dilakukan dengan membandingkan proses bisnis ekspektasi dengan kondisi kekinian pada oprasional menggunakan metode kualitatif dan process mining. Metode kualitatif digunakan untuk memperoleh gambaran proses bisnis ekspektasi. Sedangkan process mining yang berasal dari event log digunakan untuk menghasilkan informasi terkait alur dan waktu pelaksanaan dengan menggunakan tools Disco dan ProM.
Pada penelitian ini ditemukan bahwa alur proses bisnis yang teridentifikasi tidak sepenuhnya sesuai dengan alur proses bisnis ekspektasi dan panduan modul SD SAP. Ditemukan 23502 nomor penjualan, dimana 9400 diantaranya tidak sesuai dengan alur ekspektasi. Selain itu dari 37 variant alur yang dihasilkan terdapat 5 jenis variant proses bisnis tidak sesuai dan hanya satu variant yang sesuai dengan proses bisnis ekspektasi. Proses bisnis yang tidak sesuai ekspektasi tersebut mempengaruhi perfoma dari segi waktu, sehingga dihasilkan rentang mencapai 12 hari lebih lama dari proses bisnis yang sesuai ekspektasi.

=========================================================
PT. XYZ Indonesia TBK (PT. XYZ) is one of multinational company in Fast Moving Consumer Goods (FMCG) industry. In case of competing in FMCG industry, PT. XYZ defining clearly Standard Operating Procedure (SOP) as a baseline, performance measurement using Key Performance Indicator (KPI), and integrating data using ERP. Despite used SAP ECC but in the practice there is gap between execution and defined business process.
To maintain positiveness, evaluation becomes an important thing for every activity. This research focused on one of the most complex business processes in Retail business, selling a product to customer type Modern Trade (MT). That business process has a relation with sales and distribution (SD) module in SAP ECC. The evaluation is used by comparing expected business processes with the current operational using qualitative and process mining. Qualitative methods are used to obtain the picture of the expected business process. While the process mining used to generate related information about flow and time by using tools Disco and ProM.
In this study found that the identified flow of the business process, not fully in line with the expected and SAP SD module guide. Totally 23502 sales numbers there are 9400 that are not same with the expected. In addition, there are 37 variants of the business process flow, where 5 of the variants are not same and only one variant that suits with the expected business process. The not same with expected business process flow affects the performance in terms of time, resulting there are gap more than 12 days longer than the expected business process.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: SAP ECC, Process Mining, Sales And Distribution, Business Proces
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Kevin Kevin Setiawan
Date Deposited: 24 Jul 2017 02:59
Last Modified: 24 Jul 2017 02:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42131

Actions (login required)

View Item View Item