Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Jalan Raya Jemursari - Jalan Jemur Andayani dengan Adanya Pembangunan Box Culvert

Kurniawan, Mochammad Rizky and Ardian, Wildany Arif (2017) Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Jalan Raya Jemursari - Jalan Jemur Andayani dengan Adanya Pembangunan Box Culvert. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114030024-3114030027-Non-Degree.pdf]
Preview
Text
3114030024-3114030027-Non-Degree.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Simpang Jalan Raya Jemursari – Jemur Andayani adalah salah satu dari sekian banyak simpang di Kota Surabaya yang memiliki permasalahan lalu lintas sehingga, terdapat pembangunan box culvert baru pada simpang. Dimana dalam jam-jam tertentu tepatnya jam sibuk seperti pagi hari, siang hari dan sore hari, masalah lalu lintas sering terjadi. Salah satu penyebab masalah lalu lintas pada persimpangan ini adalah adanya penyempitan jalan pada segmen Jalan Jemursari Barat menuju arah Jalan Ahmad Yani. Dengan demikian pemerintah kota Surabaya melakukan pembangunan box culvert pada sisi selatan jalan Jemursari Barat guna memperlebar segmen pada jalan tersebut. Sehingga, perlu dilakukan evaluasi simpang.
Analisa persimpangan untuk kondisi eksisting (2017) dan 5 tahun mendatang (2022) menggunakan MKJI 1997 dan program bantuan KAJI 2001. Analisa ini di awali dari pengumpulan data-data jumlah penduduk, tata guna lahan dan pertumbuhan bangkitan jumlah kendaraan yang diperoleh dari Badan Perencanaan Pembangunan Kota dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sebagai data sekunder, sedangkan untuk data primer didapat dari hasil survey di lapangan.
Pada kondisi eksisting tahun 2017 persimpangan Jalan Raya Jemursari – Jalan Jemur Andayani memiliki yaitu LOS E dengan tundaan rata-rata simpang sebesar 50,02 det/smp pada puncak jam pagi hari kerja, LOS D dengan tundaan rata-rata simpang sebesar 38,05 det/smp pada puncak jam siang hari kerja dan LOS F dengan tundaan rata-rata sebesar 69,26 det/smp pada puncak jam sore hari kerja. Selanjutnya melakukan alternatif perbaikan persimpangan yaitu dengan mengubah geometrik dan pengaturan fase dan didapatkan tingkat pelayanan D dengan tundaan rata-rata simpang sebesar 27,42 det/smp pada puncak pagi. Dengan menggunakan alternatif tersebut, persimpangan dianalisis dengan menggunakan volume lalu lintas untuk 5 tahun ke depan dan didapatkan LOS D untuk tahun 2018-2022.
===================================================================== The intersection Raya Jemursari – Jemur Andayani is one of the many intersections in Surabaya which have traffic problems therefore, there some a new construction of box culvert on that intersection. Where in certain hours like morning peak hours, day peak hours and afternoon peak hours traffic problems often occur. One of the causes traffic problems on this intersection is the narrowing of the road segment of the Jemursari West towards the direction of Ahmad Yani. Accordingly, the Government of the city of Surabaya construct some box culvert on the South side of the Road West to widen the Jemursari segment in the path. Therefore, it need to be evaluated.
Intersection analysis for existing conditions (2017) and 5 years after (2022) used MKJI 1997 and program KAJI 2001. This analysis starts with population data, land use and growth of the vehicles whiches obtained from City Development Planning Board and Department of Population and Civil Registry as secondary data, while for primary data obtained from the survey results on the field.
Results, existing condition (2017) of Raya Jemursari – Jemur Andayani street has LOS E with Delay Intersection 50,02 sec/pcu for morning peak hour, LOS D with Delay Intersection 38,05 sec/pcu for day peak hour and LOS F with Delay Intersection 69,26 sec/pcu for afternoon peak hour. Then, this signalized intersection improved by changing the geometric intersection and the phase of intersection and obtained LOS D with Delay Intersection 27,42 sec/pcu at morning peak hour. By using that alternative, intersection analyzed with traffic volume for 5 years (2018-2022) and obtained LOS D in 2018 – 2022.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Signalized Intersection, MKJI 1997, KAJI 2001
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Wildany Arif Ardian
Date Deposited: 22 Aug 2017 01:57
Last Modified: 22 Aug 2017 01:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42330

Actions (login required)

View Item View Item