Rancang Bangun Pembangkit World Dinamis Pada 3d Virtual Game The Labyrinth Menggunakan Algoritma Recursive Division

Panambang, Purbo (2017) Rancang Bangun Pembangkit World Dinamis Pada 3d Virtual Game The Labyrinth Menggunakan Algoritma Recursive Division. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5113100030-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5113100030-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan aplikasi permainan saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Aplikasi permainan dengan berbagai genre terus muncul, salah satunya labirin. Aplikasi permainan dengan lingkungan permainan berbentuk labirin sudah sangat banyak, misalnya pacman, layer maze dan scary maze. Hal ini menjadi pertimbangan bagi para developer untuk mengembangkan aplikasi permainan labirin atau maze menjadi lebih menarik. Untuk itu, dalam pengembangan aplikasi permainan labirin diperlukan suatu maze generator untuk menciptakan maze secara dinamis. Selain itu, agar aplkasi permainan bisa memberikan pengalaman bermain yang lebih nyata maka digunakan teknologi realitas virtual untuk membantu menangani permasalahan tersebut.
Realitas virtual adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Realitas virtual pada tugas akhir ini dikembangkan pada perangkat bergerak dengan SDK Google Cardboard supaya pengguna dalam hal ini penggemar permainan labirin dapat memainkannya berulangkali sesuai keinginan karena labirin yang terbentuk selalu berubah-ubah. Realitas virtual juga memberikan rasa seperti benar-benar berada di dalam labirin yang sebenarnya. Pada aplikasi ini terdapat model tiga dimensi di sekitar lingkungan permainan yang dibuat sebaik mungkin agar terlihat nyata. .
Pengujian aplikasi dilakukan dengan mengoperasikannya pada perangkat berbeda dan juga melalui kuesioner responden yang pernah memainkan permainan yang sejenis labirin atau maze sebelumnya. Berdasarkan pengujian, dapat diketahui tidak ada perbedaan waktu yang signifikan untuk menjalankan aplikasi pada perangkat mobile dengan processor quad-core atau processor octa-core maupun dengan memori 2 GB atau memori 3 GB. Sedangkan berdasarkan hasil kuesioner responden dapat diketahui tingkat kenyamanan antarmuka mencapai 75%, kemiripan model dengan objek asil mencapai 71,30%, kejelasan dan kegunaan informasi mencapai 77,78%, performa aplikasi mencapai 69,50%, dan perasaan immersive mencapai 72,73%. Dengan dikembangkannya aplikasi ini, diharapkan dapat menjadi dasar untuk mengembangkan aplikasi permainan berjenis maze atau labirin yang lebih menarik.
==============================================================================================
The development of game applications is currently progressing very rapidly. Applications of the game with various genres continue to appear, one of them labyrinth. Application game with game environment in the form of maze is very much, for example pacman, layer maze and scary maze. This is a consideration for developers to develop a maze game or maze game to be more interesting. For that, in the development of game maze application required a maze generator to create maze dynamically. In addition, in order for game apps to provide a more real-life experience, virtual reality technology is used to help deal with the problem.
Virtual reality is a technology that enables users to interact with an environment simulated by a computer. The virtual reality in this final project is developed on mobile devices with the Google Cardboard SDK so that users in this case the labyrinth game fans can use it repeatedly as they see fit. Virtual reality also gives a sense of being truly inside the real maze. In this application there is a three-dimensional model around the game environment that made the best possible to make it look real. .
Testing the application is done by operating on different devices and also through questionnaires of respondents who have visited the place of pilgrimage directly. Based on testing, it can be seen there is no significant time difference to run applications on mobile devices with quad-core processor or octa-core processor or with 2 GB memory or 3 GB memory. While based on the questionnaire of respondents can know the level of interface comfort reaches 75%, similarity model with the object of acil reaches 71.30%, clarity and usefulness of information reaches 77.78%, application performance reaches 69.50%, and immersive feeling reaches 72 , 73%. With the development of this application, is expected to be the basis for developing applications maze game more interesting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perangkat bergerak, labirin, maze generator, cardboard, realitas virtual
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA269 Game theory
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Purbo Panambang .
Date Deposited: 08 Nov 2017 07:25
Last Modified: 05 Mar 2019 06:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42769

Actions (login required)

View Item View Item